RSS
Syndicate content

TANAMAN TRENGGULI (Cassia fistula L)

Sumber Gambar: www.google.com
Trengguli (Cassia fistula L) biasanya tumbuh di hutan terbuka dan padang rumput pada dataran rendah. Pohon kecil yang sampai medium ini umumnya gugur atau semi-gugur pada musim panas, percabangan menyebar, dengan ranting yang gundul. Daunnya majemuk dengan 3-7 pasang pinak daun, pinak daun membundar telur-lonjong, agak menjangat, pangkal membaji lebar, ujung meruncing, permukaan atas berkilau, gundul bila matang. Perbungaan tandan terletak renggang di ketiak, menggantung, berbunga banyak. Bunga harum, daun mahkota membundar telur lebar, kuning keemasan. Buah menggantung, menggalah, hitam, gundul. Biji banyak, terpisah oleh sekat seperti kertas dan menyatu pada bubur kayu yang lengket dan hitam. Pohon ini tersebar di daerah tropik; di jawa sering dibudidayakan sebagai tanaman hias dan tanaman obat. Nama lain di Indonesia antara lain Trengguli, kayu raja, bobondelan, kolobur, tilai, bubuni, ketoka, kluwang, ladao, limbalo.
Klasifikasi:
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae (suku polong-polongan)
Genus: Cassia
Spesies: Cassia fistula L.

Trengguli ini mempunyai kandungan kimia seperti saponin, tanin, gom, gula, hidroksimetil, asam sitrat, asam hidrisianik, pektin. Sedangkan kulitnya mengandung zat samak. Anggota famili Leguminosae ini bersifat rasa manis, antringen, pencahar dan penurun demam.
Cara budi daya tanaman ini dengan perbanyakan tanaman dengan biji. Pemeliharaan tanaman relatif mudah, perlu cukup air dengan penyiraman teratur untuk menjaga kelembaban. Selain itu, tanaman diberikan pupuk secara berkala. Trengguli menghendaki tempat cukup sinar matahari atau sedikit terlindungi.
Manfaat tanaman ini adalah untuk obat antara lain akar, kulit, daun, bunga, biji, dan empulur buah dapat digunakan sebagai obat penyakit berikut :
1. Koreng dan Borok, "Cuci dengan bersih akar trengguli secukupnya. Tumbuk halus akar, lalu tambahkan sedikit air dan aduk sehingga jadi seperti adonan. Balurkan ramuan pada koreng, borok, atau eksim. Lakukan pengobatan sehari 2 samapi 3 kali sehari.
2. Urat syaraf lemah dan lelah (neurasthenia), "Cuci dengan bersih 60 gram daging buah trengguli. Rebus buah tersebut dalam 4 gelas air hingga airnya tersisa 2 gelas. Dinginkan, lalu saring air rebusan. Minum ramuan 2 kali sehari bersama 2 kali sehari bersama 1 sendok makan madu, masing - masing 1 gelas.
3. Tekanan darah tinggi, "Cucilah dengan bersih 30 gram daging buah trengguli, lalu tumbuk halus. Seduh bahan dengan 1/2 cangkir air panas, lalu tambahkan 4 sendok makan madu. Minum ramuan sehari 2 kali dengan dosis yang sama."
4. Meningkatkan stamina, "Cucilah dengan bersih 60 gram daging buah trengguli. Rebus buah dalam 5 gelas air hingga mendidih. Minum ramuan 1 gelas setiap 2 hari sekali bersama 1 sendok makan madu. "

Slamet Widodo (s.wid123@yahoo.co.id)
Sumber: - http://id.wikipedia.org/wiki/Trengguli
- http://www.proseanet.org/prohati2/browser.php?docsid=137