RSS
Syndicate content

Pupuk Daun untuk Tanaman Cabai Merah

Sumber Gambar: http://distributor-agen-pupuk.blogspot.com
Pupuk daun diberikan ke tanaman cabai terutama untuk menyuplai unsure hara mikro yang tidak bisa diserap tanaman. Pemberian pupuk lewat daun mempunyai keuntungan lebih cepat diserap tanaman dan lebih mudah diberikan. Jenis unsur hara yang diberikan lewat daun tergantung pada kebutuhan tanaman.
Tanaman yang masih muda sampai fase pembentukan bunga membutuhkan pupuk yang memiliki kandungan N tinggi serta kandungan unsur hara mikro B, Mo, Cu, Zn, dan Mn. Unsur hara mikro yaitu unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang relatif sedikit namun mutlak diperlukan. Jika penggunaannya berlebihan justru dapat menjadi racun sedangkan unsur hara makro yaitu unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang cukup banyak. Pada pemberiannya, untuk tanaman cabai yang sehat, pupuk diberikan dengan interval 14 hari sekali, sedangkan untuk tanaman cabai yang sakit atau kurang insur hara, pupuk diberikan dengan interval 7 hari sekali. Pupuk yang bisa dipakai pada fase ini adalah Complesal, Multimicro, Growmore, dan Gandasil yang mempunyai kadar N tinggi atau pupuk untuk masa awal pertumbuhan. Waktu pemeberiannya adalah saat tanaman cabai berumur 2 dan 3 minggu. Namun, patut diingat, pemberian pupuk daun berkandungan N tinggi mempunyai efek samping tanaman terlalu subur tetapi sukulen dan hanya pertumbuhan vegetatifnya yang berkembang. Akibatnya, tanaman mudah terserang hama dan penyakit serta dapat mengalami kerontokan bunga dan atau buah muda.
Tanaman yang sudah mulai berproduksi membutuhkan unsur hara makro P dan K serta unsur hara mikro B, Mo, Cu, Zn, Fe, dan Mn untuk membantu pemasakan buah dan penguatan batang tanaman serta untuk menunjang pertumbuhan generatifnya. Pupuk yang bisa dipakai antara lain Complesal, Vitabloom, dan Gandasil. Waktu pemberiannya bisa dengan menggunakan interval 7 atau 14 hari sekali.
Selain dengan pupuk daun tersebut, kebutuhan tanaman cabai akan unsur hara mikro yang mungkin masih kurang dapat dipenuhi dengan menggunakan pupuk daun yang mempunyai kandungan unsur hara mikro tinggi dan lengkap, seperti Multimicro, Growmore, Vitabloom, dan Gandasil. Waktu pemberiannya bisa dengan menggunakan interval 7 atau 14 hari sekali.

Sumber : Wiryanta, 2002