RSS
Syndicate content

PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN PENYAKIT KURAP/KUDIS DAN CACING PADA KAMBING

Kebersihan dan pencegahan penyakit merupakan tindakan utama yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan/budidaya ternak.
Kambing merupakan ternak yang memiliki sifat toleransi yang tinggi terhadap bermacam-macam pakan hijauan serta mempunyai daya adaptasi yang baik terhadap berbagai lingkungan. Pengembangan kambing mempunyai prospek yang baik karena disamping untuk memenuhi kebutuhan daging di dalam negeri, kambing juga memiliki peluang sebagai komoditas ekspor.
Pada umumnya budidaya/pemeliharaan kambing saat ini masih berbasis pada peternakan rakyat yang berciri skala usaha kecil, manajemen sederhana, pemanfaatan teknologi seadanya, lokasi tidak terkonsentrasi dan belum menerapkan sistem dan usaha agribisnis. Oleh karena itu , agar budidaya kambing dapat berhasil baik dan menguntungkan yang dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan khususnya bagi peternak kambing maka selain memperhatikan penyediaan pakan dan kandang yang memadai sesuai kebutuhan juga harus memperhatikan kesehatan bagi ternaknya (kambing).
 

Kebersihan dan pencegahan penyakit merupakan tindakan utama yang harus diperhatikan. Kandang dan lingkungan yang bersih, pemberian air yang teratur dan bersih serta perawatan yang baik merupakan cara yang termudah dalam usaha pencegahan penyakit. Tindakan tersebut dilaksanakan sejak awal pemeliharaan agar diperoleh hasil yang optimal.
Pada umumnya penyakit yang sering menyerang ternak kambing diantaranya : penyakit kurap/kudis dan penyakit cacing. Adapun pencegahan dan pengobatan penyakit kurap/kudis dan penyakit cacing pada ternak kambing, sebagai berikut :
1. Penyakit Kurap/Kudis pada ternak kambing. Pada umumnya Gejala Penyakit Kudis, antara lain : a) Hewan terlihat tidak tenang akibat rasa gatal dengan menggaruk atau menggosok pada benda keras; b) Rasa gatal tersebut timbul dari adanya allergen yang merupakan hasil metabolisme Sarcoptes; c) Rambut rontok dan patah-patah akibat sering menggaruk pada bagian yang gatal. Adanya kerusakan kulit dengan tepi yang tidak merata disertai penebalan kulit (keropeng), kulit bersisik dan diikuti terjadinya reruntuhan jaringan kulit. Nafsu makan hewan turun dan pada akhirnya akan diikuti penurunan berat badan sehingga hewan akan tampak kurus. Pada kasus yang berat dapat mengakibatkan kematian.


Penyakit kurap/kudis yang disebabkan oleh kandang kotor dan kambing tidak pernah dimandikan, sehingga badannya menjadi gatal. Akibatnya, kambing akan menggosok-gosokkan badannya ke dinding, sehingga timbul luka dan terjadi kurap. Pencegahannya adalah dengan menjaga kebersihan kandang dan sebaiknya kambing sering dimandikan dan disikat. Sedangkan penyakit kurap/kudis yang disebabkan oleh parasit yang ditularkan dari ternak yang terinfeksi. Gejalanya adalah : badan kurus, bulu rontok, bercak merah pada kulit dan terjadi infeksi.
Untuk pengobatan penyakit kurap/kudis pada ternak kambing adalah : 1) memberikan salap asumtol 2 % dalam vaselin; 2) disuntik (injeksi) dengan Ivermectin (Ivomec=merk dagang). Dosis yang diberikan umumnya 1 ml untuk 20 kg bobot kambing dan pemberian dosis injeksi harus konsultasi dokter hewan. Injeksi diulang 10-14 hari kemudian dari injeksi yang pertama, dan selama pengobatan kambing jangan dimandikan.
Selain pengobatan medis komersial, pengobatan tradisioanal dapat dilakukan. Beberapa pengobatan tradisional yang dapat dilakukan, antara lain : 1) Untuk kasus ringan dapat diolesi dengan campuran/ramuan oli bekas + belerang +minyak kelapa (minyak goreng), dimasak lalu didinginkan; 2) Untuk kasus yang parah dapat diolesi dengan campuran/ramuan komposisinya : 2 liter minyak goreng + Decis (obat serangga untuk tanaman/insektisida 50 ml + oli bekas 50 ml); 3) diolesi dengan campuran/ramuan komposisinya : 97 ml oli bekas + 3 ml cuka 3 % + 5 siung bawang merah.


2. Pencegahan dan Pengobatan Penyakit cacing pada ternak kambing. Gejala-gejala penyakit, yaitu : badan kurus, bulu kasar, mudah rontok, perut membesar dan tombul diare (mencret), bengkak dibawah rahang. Pencegahan dan Pengobatan penyakit Cacing pada ternak kambing, sebagai berikut : Kandang harsus selalu dibersihkan, Jangan membuang kotoran hewan pada padang pengembalaan dan air minum, Hijauan yang diberikan harus dilayukan agar larva mati, dan Pemberian obat cacing secara teratur.
Penulis : Sri Hartati (Pusat Penyuluhan Pertanian)
email : tatik3454@yahoo.com