RSS
Syndicate content

Pemasaran Bunga Sedap Malam

Pemasaran merupakan proses mendefinisikan, mengantisipasi, menciptakan serta memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan atas barang dan jasa. Pemasaran terkait dengan bauran pemasaran, yaitu aspek produk, harga, distribusi, dan aspek promosi. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai masing-masing bauran pada aspek pemasaran:
1) Produk
Produk bunga yang akan dipasarkan harus memenuhi mutu dan kualitas bunga yang sesuai dengan permintaan pasar, yang mempunyai jumlah kuntum bunga bunga telah mekar 2 - 3. Seragam akan panjang tangkainya (90 - 100 cm), seragam akan panjang tangkainya (> 30 cm), jumlah kumtum bunga seragam dan bebas dari hama dan penyakit. Untuk mendapatkan produk tersebut perlu dilakukan sortasi sesuai dengan panjang dan keseragaman bunga tersebut.
2) Kemasan
Produk bunga yang akan dipasarkan harus dikemas dengan baik dan kemasyannya diusahakan menggunakan kertas atau tali yang mempunyai standar SNI untuk pengemasan dan memberikan jaminan pada pedagang maupun konsumen.
3) Harga
Harga merupakan satu-satunya unsur dari bauran pemasaran yang menghasilkan penerimaan bagi organisasi sedangkan yang lainnya menimbulkan biaya. Harga juga dapat menunjukkan posisi perusahaan/organisasi dalam persaingan, maka perlu dilakukan survei pasar mengenai harga produk bunga potong. Setelah dilakukan negosiasi baik mengenai sistem penjualan, pengiriman dan ongkos kirim perlu menjaga kualitas dan kontinuitas yang dihasilkan oleh petani/perusahaan yang lebih baik.
4) Distribusi
Distribusi merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan/organisasi untuk menyalurkan, mengirimkan serta menyampaikan barang yang dipasarkannya kepada konsumen. Trasportasi pengangkutan baik itu sewa kendaraan, sopir, uang tol dan bensin ditanggung berdarkan negosiasi pemasaran. Distribusi yang digunakan oleh Kelompok Tani/perusahaan harus dijaga kebersamaannya dari mulai petani, pedagang pengumpul maupun langsung dijual ke pasar sehingga saling menguntungkan dari kedua belah pihak.
5) Promosi
Dalam memasarkan produknya sebaiknya mempunyai strategi khusus yang digunakan dalam mempromosikan produknya. Baik itu sistem pemasaran langsung melalui pendekatan personal terhadap konsumen maupun ke pedagang pengumpul/pedagang besar dan juga perlu mengikuti berbagai pameran tanaman hias. Adapun harga kisaran satu tangkai bunga Rp 3.000,- dan perikat kisaran harga Rp 10.000,- - Rp 15.000,-

 

PenulisĀ  : Dalmadi

Sumber : Ditjen Hortikultura