RSS
Syndicate content

MENGENAL LEBIH DEKAT BALAI PENYULUHAN KECAMATAN

Sumber Gambar: www.google.com
Balai Penyuluhan Kecamatan memiliki peran strategi dalam menentukan keberhasilan pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan karena kelembagaan ini merupakan tempat satuan administrasi pangkal (satminkal) bagi para penyuluh lintas sektor, yang berperan untuk mengkoordinasikan dan mensinergikan serta menyelaraskan kegiatan-kegiatan pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan di wilayah kerjanya. Dengan adanya kelembagaan penyuluhan yang kuat di daerah maka kegiatan penyuluhan dan pengkawalan masing-masing sektor dapat berjalan dengan baik.

Permentan No. 26/Permentan/OT.140/4/2012 tentang Pedoman Pengelolaan Balai Penyuluhan dijelaskan bahwa Tugas dari Balai Penyuluhan Kecamatan adalah:
1) Menyusun programa penyuluhan pada tingkat kecamatan sejalan dengan programa penyuluhan tingkat kabupaten/kota.
2) Melaksanakan penyuluhan berdasarkan programa penyuluhan.
3) Menyediakan dan menyebarkan informasi teknologi sarana produksi, pembiayaan dan pasar.
4) Memfasilitasi pengembangan kelembagaan dan kemitraan pelaku utama.
5) Memfasilitasi peningkatan kapasitas penyuluh PNS, penyuluh swadaya dan penyuluh swasta melalui proses pembelajaran secara berkelanjutan.
6) Tempat melaksanakan kegiatan rembug, pertemuan teknis, temu lapang, dan metoda penyuluhan bagi pelaku utama dan pelaku usaha.
7) Melaksanakan proses pembelajaran melalui percontohan dan pengembangan modal usaha bagi pelaku utama dan pelaku usaha.

Sedangkan fungsinya adalah sebagai tempat pertemuan untuk memfasilitasi pelaksanaan tugas Balai sebagaimana diamanatkan dalam fasal 15 ayat 2, Undang-undang No.16/2006.

Melihat tugas dan fungsi dari Balai Penyuluhan Kecamatan ini sangat strategis dalam menyukseskan pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan maka Balai Penyuluhan kecamatan dijadikan sebagi garda terdepan dari pelaksanaan system penyuluhan pertanian di lapangan.

Programa penyuluhan pertanian merupakan acuan kerja setiap Balai Penyuluhan Kecamatan (BPK)
Programa Penyuluhan Pertanian adalah rencana tertulis yang disusun secara sistematis untuk memberikan arah dan pedoman sebagai alat pengendali pencapaian tujuan penyuluhan. Programa penyuluhan disetiap kecamatan disusun setiap tahun oleh para penyuluh, pejabat struktural ditingkat kecamatan dan menjadi rencana kerja bagi para penyuluh di wilayah binaannya.

 

Tujuan dari penyusunan programa penyuluhan adalah:

1. Untuk menyediakan acuan dalam penyelenggaraan penyuluhan pertanian bagi para penyelenggara,
2. Memberikan acuan bagi penyuluh pertanian dalam menyusun rencana kegiatan penyuluhan pertanian,
3. Menyediakan bahan penyusunan perencanaan penyuluhan untuk disampaikan dalam forum Musrenbangtan tahun berikutnya.

Peningkatan kapasitas Balai Penyuluhan Kecamatan dilakukan melalui pemberdayaan petani dengan Sekolah Lapang, melaksanakan kegiatan pengkawalan dan pendampingan oleh para penyuluh pendamping, sehingga dapat memonitor dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang ditugasi oleh -sektor pertanian, perikanan, dan kehutanan.

Sumber : Permentan No. 26/Permentan/OT.140/4/2012
Penulis : Arman Moenek (Penyuluh Pertanian Madya)