RSS
Syndicate content

DISKRIPSI BUNGA MAWAR (Rosa, sp)

Sumber Gambar: Ditjen Horti, rawabelong.com ; komunitas bunga, tanaman hias dan ikan hias rawabelong, http://rawabelong.com Powered by: Joomla! Generated

Bunga Mawar (Rosa, sp)) merupakan salah satu bunga "Ratu dari segala jenis bunga" begitu kata Sappho, penyair dari bangsa Yunani selain itu bunga mawar sudah banyak dikenal luas di masyarakat karena keindahan, keanggunan, dan keharumannya.
Bunga Mawar diperkirakan bunga berasal dari Meksiko dan telah diintroduksi ke Indonesia sejak masuknya bangsa Eropa dan China ke Indonesia. Dalam perkembangannya, menyebar luas di daerah-daerah beriklim dingin (sub-tropis) dan panas (tropis).
Manfaat tanaman mawar antara lain dapat sebagai bunga potong, penghasil minyak parfum mawar, mawar taman, bahan kosmetik. tanaman hias dalam pot pengindah dan penyemarak ruang tamu ataupun koridor, dijadikan bunga tabur pada upacara kenegaraan atau tradisi ritual dan diekstraksi minyaknya sebagai bahan obat-obatan.
Ciri dan Diskripsi.
Bunga mawar merupakan tanaman semak dari genus Rosa, bunga mawar liar terdiri lebih dari 100 spesies. Bunga mawar liar kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Bunga mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter. Pada umumnya tanaman bunga mawar memiliki duri berbentuk seperti pengait yang berfungsi sebagai pegangan sewaktu memanjat tumbuhan lain.

Tanaman bunga mawar mempunyai daun yang panjangnya antara 5 -15 cm, dua-dua berlawanan (pinnate). Daunnya majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah..
Bunga mawar terdiri dari 5 helai daun mahkota dengan perkecualian Rosa sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota. Warna bunga biasanya putih dan merah jambu atau kuning dan merah pada beberapa spesies. Ovari berada di bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak.
Bunganya dapat menghasilkan buah agregat yang disebut rose hips. Masing-masing putik berkembang menjadi satu buah tunggal (achene), sedangkan kumpulan buah tunggal dibungkus daging buah pada bagian luar. Pada buah rose hips seperti Rosa canina dan Rosa rugosa yang sangat kaya menghasilkan akan vitamin C. Minyak mawar adalah salah satu minyak atsiri hasil penyulingan dan penguapan daun-daun mahkota sehingga dapat dibuat menjadi parfum. Mawar juga dapat dimanfaatkan untuk teh, jelly, dan selai.
Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Rosales
Famili : Rosaceae
Upafamili : Rosoideae
Genus : Rosa L.
Spesies : antara 100-150

Ditulis oleh Dalmadi