RSS
Syndicate content

DESKRIPSI NANAS

Nanas yang juga disebut bromeliad memiliki lebih dari 2.400 kerabat berdasarkan habitus tanaman, utamanya pada bentuk daun dan buahnya. Ada 4 jenis golongan nenas, yaitu Cayene ( daun halus, tidak berduri, buah besar ), Queen ( daun pendek berduri tajam, buah lonjong mirip kerucut ), Spanyol Spanish ( daun panjang kecil, berduri halus sampai kasar, buah bulat dengan mata datar ) dan Abacaxi ( daun panjang berduri kasar, buah silindris atau seperti piramida ).
Varietas/ cultivar nanas banyak ditanam di Indonesia yaitu golongan Cayene dan Queen. Ragam varietas / cultivar nanas yang dikatagorikan unggul, adalah nanas Bogor, Subang dan Palembang.
KLASIFIKASI
Sinonim : Bromelia comosa L, Ananas sativus (Lindley) Schulters f, Ananassa sativa Lindl, Bromeliad
Sifat Terestrial ( tumbuh di tanah dengan menggunakan akar )
Kingdom : Plantae ( tumbuhan-tumbuhan )
Subkingdom : Tracheobionta ( berpembuluh )
Superdivisio : Spermatophyta
Divisio : Magnoliophyta ( berbunga )
Kelas : Liliopsida ( monokotil )
Sub-kelas : Commelinidae
Ordo : Bromeliales
Familia : Bromeliaceae
Genus : Ananas
Spesies : Ananas comosus Merr
Nanas yang mempunyai nama botani Ananas comosus merupakan tanaman dari keluarga Bromeliaceae adalah tanaman tropika yang berasal dari Amerika Selatan, Selain di Indonesia tanaman nanas juga banyak ditanam di Thailand, Filipino, Amerika Selatan, Afrika. dan di Malaysia

Nanas merupakan tanaman buah yang selalu tersedia sepanjang tahun. Herba tahunan atau dua tahunan, tinggi 50-150 cm, terdapat tunas merayap pada bagian pangkalnya. Daun berkumpul dalam roset akar dan pada bagian pangkalnya melebar menjadi pelepah. Helaian daun bentuk pedang, tebal, liat, panjang 80-120 cm, lebar 2-6 cm, ujung lancip menyerupai duri, tepi berduri tempel yang membengkok ke atas, sisi bawah bersisik putih, berwarna hijau atau hijau kemerahan. Bunga majemuk tersusun dalam bulir yang sangat rapat, letaknya terminal dan bertangkai panjang. Buahnya buah buni majemuk, bulat panjang, berdaging, berwarna hijau, jika masak warnanya menjadi kuning. Buah nenas rasanya enak, asam sampai manis. Bijinya kecil, seringkali tidak jadi. Tanaman buah nanas dapat diperbanyak dengan mahkota, tunas batang, stek atau tunas ketiak daunnya.
Buah nanas yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan pineapple karena mempunyai bentuk seperti pohon pinus. Nama 'nanas' berasal dari sebutan orang Tupi yang menyebutnya dengan buah: anana, yang artinya "buah yang sangat baik".
Buah nanas yang banyak dijual orang, sebenarnya bukanlah buah sejati, melainkan gabungan buah-buah sejati ( bekasnya terlihat dari setiap 'sisik' pada kulit buahnya ) yang dalam perkembangannya tergabung -- bersama-sama dengan tongkol ( spadix ) bunga majemuk -- menjadi satu 'buah' besar. Nanas yang dibudidayakan orang sudah kehilangan kemampuan memperbanyak secara seksual
Buah nanas mempunyai peluang yang banyak permintaan pasarnya dan juga merupakan tanaman yang tergolong dalam tanaman yang tahan dengan keadaan kemarau dan dapat hidup baik pada suhu sekitar 30°C dengan taburan hujan sebanyak 1250 mm setahun.
Panen buah nanas dapat dilakukan pada kematangan buah yang dikehendaki oleh pasar yaitu umumnya pada 90-120 hari selepas berbunga tergantung dari varietas nanas yang ditanam... Buah nanas dipanen dengan cara memotong tangkai dan menggunakan parang atau pisau yang tajam.. Pengawetan buah nanas dapat dilakukan dengan menyimpan buah nanas pada suhu 10-13°C untuk buah yang belum masak dan 7-10°C untuk buah masak dengan dengan kelembapan relatif yaitu 85-90% dengan lama penyimpanan 3 minggu.
Nani Priwanti Soeharto.
Sumber ; ; Rahmat Rukmana , Nenas Budidaya dan Pasca Panen, Penerbit Kanisius , 1996