RSS
Syndicate content

CARA TANAM BAWANG MERAH

Sumber Gambar: anugerahbersama.com
Bawang merah dapat dikembakan dengan umbi maupun dengan biji, setelah lahan dipersiapkan dengan matang maka selanjutnya dilakukana penanaman. Penanaman bawang merah sebaiknya dilakukan pada bulan juli - Agustus karena pada bulan ini pada kondisi baik untuk pertumbuhan dan perkembangan umbi.

Persiapan benih umbi bawang merah; bila menggunakan umbi yang boleh beli dari toko - toko pertanian perlu dilakukan pemilihan dan penyortiran benih. Pernyortiran tersebut dengan cara; a) membersihkan daun kering yang masih mengikat pada umbi, b). membersihkan akar-akar yang menempel pada bagian umbi. Menyortir umbi yang berkualitas sehingga mendapatkan umbu yang bermutu dan berkualitas baik dengan criteria yang sama tidak kropos dan bebas dari hama dan penyakit, c). setelah didapatkan benih yang bermutu dan yang siap ditanam selanjutnya benih perlu dilakukan perlakuan sebagai berikut; 1) benih bawang dipotong pada ujung bibit bawang sekitar 1/3 bagian; menggunakan pisau/sabit yang tajam dengan cara pisau diletakan pada baigian penjepit kayu lalu bawang kita pegang pada ujung dan pangkal umbi selanjutnya digesekkan pada mata pisau hinga terpotong jadi dua. 2) benih yang sudah dipotong selanjutnya direndam dengan air yang dicampur dengan pungisida yang bertujuan untuk mencegah terserangnya hama dan penyakit pada tanaman.

Mempersiapkan dan pengatuan cara tanam antara lain; 1) Membuat lubang tanam menggunakan koret/cangkul kecil dengan cara menarik cakul kecil sedalam ukuran umbi yang akan ditanam 2). Mengatur jarak tanam 20 X 20 cm dengan arah memanjang lebar bedengan. 3). Mengairi bedengan yang telah disiapkan hingga kapasitas lapang.

Cara tanam; masukkan benih bawang sedalam lubang tanam yang sudah disiapkan satu persatu hingga rata keseluruh lahan yang sudah dipersiapkan, penanaman benih dianjurkan tidak terlalu dalam sekitar dalamnya permukaan umbi, segera tutup benih bawang yang sudah ditanam menggunakan campuran media tanam dengan pupuk kandang yang halus pada bagian atas umbi tersebut setebal kurang lebih ½ - 1 cm atau diperkirakan ketebalannya bila terkena guyuran air hujan tidak habis ter- erosi/terkikis air hujan. Benih bawang bawang akan tumbuh setelah satu minggu.
ditulis oleh Dalmadi
sumber : Ditjen Horti
Wiwin setiawan dan Soetioso Thomas agus. 2005. Pedoman Umum Pengembangan Teknologi Inovatif Pada Tanaman Bawang Merah. Bali Penelitian tanaman Sayuran

Suanrjono Hendro. 2003. Bertanam 30 Jenis Sayur. Seri Agribisnis Penebar Swadaya.
http : // www anugerahbersama.com