RSS
Syndicate content

BUBUK MURNI SUSU KAMBING PE, DENGAN RASA COKELAT DAN RASA JAHE

Kambing merupakan ternak yang sudah sangat familiar dan dikenal masyarakat sejak lama. Hewan yang terkenal takut mandi ini, sangat menguntungkan dan produktif apabila dipelihara secara baik. Hasil produksinya disamping mudah dipasarkan karena banyak peminat, juga jumlahnya relatif banyak serta harganya pun stabil. Sebutlah misalnya; daging, susu, kulit serta limbah berupa urin dan kotoran.

Dalam hal produksi susunya, kambing memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan ternak-ternak yang lain. Susu kambing murni dianggap lebih sehat, sebab selain lebih enak, juga terasa manis dan sedikit kandungan lemaknya. Apabila dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing memiliki kandungan gizi lebih baik. Banyak jenis kambing yang dapat diandalkan untuk dipelihara menghasilkan susu. Salah satu diantaranya yang produktivitas susunya lebih tinggi dan sudah dikenal adalah kambing Peranakan Ettawah (PE).

Kambing peranakan Ettawah (PE) memiliki kelas tersendiri di kalangan peternak, khususnya di Pulau Jawa. Perkembangan dan minat peternak dalam membudidayakan kambing PE meningkat pesat dari tahun ke tahun. Kambing PE ternyata juga dapat dijadikan sebagai salah satu potensi kambing perahan. Dengan berjalannya waktu, terjadi pergeseran pemahaman bahwa kambing PE tidak lagi hanya dipandang sebagai layaknya kambing pada umumnya, akan tetapi ternyata kambing PE memilki nilai ekonomi yang jauh lebih tinggi. Susu hasil perahan dari kambing PE misalnya, sangat diyakini dan terbukti nyata mampu membantu mengobati berbagai penyakit.

Susu kambing peranakan etawa, selain rasanya nikmat untuk dikonsumsi sebagai minuman segar dan minuman hangat, juga dapat diolah menjadi bubuk dengan aneka rasa. Olahan susu kambing PE ini, bisa dijadikan alternatif untuk meningkatkan pendapatan peternak selain dari hasil penjualan daging kambingnya sendiri, feses, urine (fermentasi), dan susu murni. Adapun cara membuat susu bubuk murni dan rasa cokelat, seperti berikut.

1. Susu Kambing PE (Bubuk Murni). Bahan yang diperlukan untuk membuat susu bubuk murni : susu murni kambing PE 2 liter dan gula putih bersih 1kg. Sedangkan alat pembuatan yang diperlukan, yaitu : wajan stainless, solet kayu besar untuk mengaduk, blender, ayakan, plastik atau alumunium foil untuk kemasan.
Cara membuat susu bubuk murni : (a) Tuangkan 2 liter susu kambing PE ke dalam wajan stainles bersamaan dengan gula putih; (b) Aduk perlahan dan merata di atas api sedang hingga ± 2 jam. Dalam mengaduk ini haruslah hati-hati, jangan sampai gosong; (c) Saat cairan susu dan gula sudah mengental, kecilkan api dan aduk-aduk dengan cepat sampai adonan mulai liat dan warna adonan berubah menjadi sedikit kecokelatan; (d) Matikan kompor, turunkan wajan dari kompor. Aduk-aduk merata dengan cepat hingga suhu panas dalam adonan susu mulai berkurang dan adonan nertambah berat dan liat, kemudian akan berubah menjadi butir-butir kristal dan mengering; (e) Blender butiran susu kristal tersebut menggunakan blender bumbu kering hingga lembut; f) Ayak butiran hasil dari blender tersebut dengan saringan yang lembut; g) Setelah semua selesai diblender dan diayak, masukkan susu bubuk tersebut dalam kemasan plastik dengan ketebalan 0,8 - 0,10 ml atau kemasan alumunium foil.

2. Susu Bubuk Kambing PE Rasa Cokelat. Bahan yang diperlukan untuk membuat susu bubuk rasa cokelat : susu murni kambing PE 2 liter, gula putih bersih 1kg dan cokelat bubuk 100 gram. Adapun cara membuat susu bubuk rasa cokelat seperti berikut.
Cara membuat susu bubuk rasa cokelat : Langkah (a) s/d (d) sama seperti di atas; (e) Saat adonan diturunkan dari kompor dan didinginkan sambil diaduk-aduk hingga menjadi tambah liat kemudian berubah menjadi butiran kristal, campurkan atau tambahkan cokelat bubuk ke dalam adonan dan aduk kembali hingga rata; (f) Langkah berikutnya sampai selesai sama dengan di atas.

3. Susu Bubuk Kambing PE Rasa Jahe. Bahan yang diperlukan untuk membuat susu bubuk rasa jahe : susu murni kambing PE 2 liter, gula putih bersih 1kg dan jahe ± 100 gram tergantung atau muda jahe. Adapun cara membuat susu bubuk rasa jahe seperti berikut.
Cara membuat susu bubuk rasa jahe : (a) Jahe dicuci bersih, kemudian dikupas dan diparut lembut; (b) Parutan jahe diperas, lalu didihkan airnya; (c) Susu murni, gula putih, dan air jahe direbus menjadi satu di atas api sedang dan diaduk-aduk sampai ± 2 jam hingga susu mengental, sulit diaduk, dan berubah warna kecokelatan; (d) Matikan kompor, lalu turunkan wajan dari kompor. Selanjutnya aduk-aduk adonan dengan cepat hingga dingin dan berubah menjadi butir-butir kristal; (e) Langkah selanjutnya sampai selesai sama dengan yang di atas (Inang Sariati).

Sumber :
1) Brosur/Buku "Kiat Sukses Beternak Kambing Peranakan Etawa", Lily Publisher.
2) http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0CD...