RSS
Syndicate content

Panen & Pasca Panen Padi Sawah

MAKANAN SEHAT DARI BEKATUL

Sumber Gambar: www.google.com
Mengenal Bekatul
Bekatul, atau lebih dikenal dengan sebutan dedak halus, merupakan hasil samping dari gabah yang digiling. Sebutir gabah terdiri atas pelindung luar, sekam, dan beras pecah kulit. Beras pecah kulit terdiri dari lapisan luar (perikarp, selimut biji, dan badan bakal biji), lembaga dan endosperm. Bekatul berada di lapisan sebelah dalam padi dan sebagian kecil pada endosperm berpati. Dalam proses penggilingan gabah, umumnya tidak dipisahkan antara dedak dan bekatul sehingga bercampur menjadi satu.

Pengurangan Kehilangan Hasil dan Peningkatan Kualitas Gabah

Sumber Gambar: www.google.com
Upaya pengurang kehilangan hasil dan peningkatan kualitas gabah ditentukan oleh penanganan pasca panen padi yang meliputi kegiatan pemanenan, perontokan, pengangkutan, pengeringan gabah, pengemasan dan penyimpanan gabah, penggilingan, pengemasan dan penyimpanan beras.

Peningkatan Rendemen dan Kualitas Beras

Sumber Gambar: www.google.com
Gabah yang berkualitas baik setelah digiling belum tentu akan menghasilkan rendemen dan kualitas beras yang baik, karena beras yang dihasilkan juga dipengaruhi pada kelengkapan mekanis penggilingan (mesin penggilingan)
Pengilingan gabah merupakan proses pengupasan gabah untuk menghasilkan beras melalui tahapan proses sbb: 1) pengupasan sekam (pecah kulit/PK); 2) pemisahan gabah; 3) penyosohan; 4) pengemasan dan penyimpanan
Mesin penggilingan padi terdiri dari beberapa komponen yaitu:
1) Motor penggerak

Panen dan Pascapanen Padi Sawah

Sumber Gambar: www.google.co.id
Ciri dan Umur Panen
Padi siap panen: 95 % butir sudah menguning (33-36 hari setelah berbunga), bagian bawah malai masih terdapat sedikit gabah hijau, kadar air gabah 21-26 %, butir hijau rendah.

Cara Panen
Keringkan sawah 7-10 hari sebelum panen, gunakan sabit tajam untuk memotong pangkal batang, simpan hasil panen di suatu wadah atau tempat yang dialasi.

Mesin Reaper Sebagai Mesin Panen Padi

Sumber Gambar: http://shafwandi08.blogspot.com/2011/06/mesin-mesin-pasca-panen.html

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Teknologi panen padi menggunakan mesin pemanenan Reapper belum berkembang di tingkat petani. Mesin ini dapat dipakai untuk memanen biji-bijian seperti padi, gandum, sorgum dan sebagainya