RSS
Syndicate content

Dialog Interaktif Pertanian: Sosialisasi Temu Teknis dan Temu Karya Penyuluhan Pertanian 2012

Dialog Interaktif Pertanian kali ini di selenggarakan di Kantor Pusat Kementerian Pertanian Gedung D Ruang Diorama Lt 6. Tema yang diangkat dalam dialog ini adalah tentang persiapan temu teknis dan temu karya penyuluh pertanian yang akan diselenggarakan di Kota Metro, Provinsi Lampung tanggal 27 -30 Juni 2012. Nara sumber dari acara ini adalah Kepala Pusat Penyuluh Pertanian, Wakil Gubernur Lampung dan Walikota Kota Meto.

Kepala Pusat Penyuluh Pertanian mengatakan acara ini sebelumnya bernama Jambore Penyuluh, peserta dari acara ini adalah penyuluh, peneliti, petani, POPT, dan pemangku kepentingan lainnya. Ini dimaksudkan agar terjadi koordinasi dan komunikasi antara pelaku dan pengguna pertanian. Peserta yang direncanakan sebanyak 3.000 orang tetapi yang sudah mendaftar melalui Panitian daerah sudah hampir 4.000 orang.

Dari segi sarana prasarana Wakil Gubernur Lampung mengatakan sudah menyiapkan tranportasi, tempat penginapan, tempat pertemuan acara dan lain sebagainya. Pihak swasta yang bergerak di sector pertanian juga sudah disiapkan untuk dapat berpartisipasi dalam acara ini. Selain itu juga akan di siapkan acara saburai expo sebagai ajang promosi Lampung.

Segi Kemanan juga telah disiapkan, Walikota Kota Metro mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan POLRI dan TNI, dan lokasi penginapan sudah disiapkan dengan sistem home stay yaitu menginap pada rumah penduduk. Trasportasi penjemputan dari bandara juga telah disiapkan.

Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian mengatakan tujuan dari acara ini adalah bagaimana meningkatkan pengetahuan dan wawasan untuk para penyuluh, petani, peneliti terhadap program-program pembangunan pertanian, meningkatkan koordinasi antara penyuluh, peneliti , petani, POPT dalam melaksanakan program-program pembangunan pertanian, meningkatkan kreativitas para penyuluh dalam menerapkan dan mengembangkan metodologi dan teknis penyuluhan dilapangan, meningkatkan motivasi dan tekad para penyuluh dalam mendukung empat sukses pembangunan pertanian.

Selain itu Kementerian Pertanian juga akan memberikan penghargaan kepada gubernur lampung yang peduli terhadap pembangunan pertanian.