RSS
Syndicate content

SAMBUNG PUCUK TANAMAN KAKAO

Sumber Gambar: Arsip BP4K Kab. Pinrang

SAMBUNG PUCUK TANAMAN KAKAO
Sambung pucuk adalah salah satu cara pengembangbiakan tanaman yang digunakan untuk menyambung salah satu bagian tanaman ke pohon lain, sehingga tumbuh menjadi satu tanaman tunggal. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas tanaman, hasil panen dan kualitas produksi dalam waktu singkat. Sambung pucuk adalah teknik perbanyakan secara Vegetatif dimana tanaman (bibit) yang baru tumbuh akan persis sama dengan tanaman aslinya, sehingga bisa kita pasang varietas yang diinginkan. Tangkai pucuk/Entris diambil dari pohon yang pertumbuhannya baik, tahan terhadap hama/penyakit (sudah disertifikasi oleh Dinas Perkebunan Prov. Sulawesi Selatan). Sambung pucuk paling baik dilaksanakan pada akhir musim kemarau (ketika bibit atau batang bawah sedang Flishing).
Alat dan Bahan :
1. Pisau okulasi
2. Gunting pangkas
3. Tali rapia
4. Plastik sungkup
5. Entris (klon Sulawesi 1 dan Sulawesi 2)
Persiapan Batang Bawah (Bibit)
Bibit yang akan disambung berumur ± 3 (tiga) bulan dengan keadaan sehat/tidak terserang hama/penyakit dan bibit dalam keadaan Flush (berdaun muda) agar kambium dapat diakses serta batang bibit mudah terbelah. Apabila bibit tidak dalam kondisi yang baik, harus dipupuk atau menunggu bibit dalam keadaan Flush, agar kondisi bibit siap untuk disambung pucuk. Pemberian pupuk dianjurkan 1 bulan sebelum penyambungan untuk merangsang pertumbuhan.
Entris berasal dari cabang Plagiotrop, berwarna segar dan hijau kecoklatan berdiameter 0,75 - 1,50 cm mempunyai mata tunas , bebas dari hama atau penyakit terutama VSD. Entris dipotong-potong 10 - 15 cm dengan mata tunas 2-3.
Cara Kerja
Bibit yang akan disambung pucuk dipotong batangnya dengan menyisahkan daun 3 -5 helai, batang yang sudah dipotong dibelah dengan menyerupai huruf V, entris diiris/disayat sebelah menyebelah sampai runcing, panjang sayatan 2-3 cm. Entris perlahan - lahan dimasukan pada batang bibit dengan kondisi tegak lurus dan diikat dengan tali rapia serta ditutup dengan plastik sungkup diusahakan jangan ada udara/air masuk karena bisa mempengaruhi pertumbuhan entris (mati). Umur sambungan baru bisa dibuka yaitu 3-4 minggu setelah tumbuh dan berdaun didalam plastik sungkup. Ikatan pada entris menyatu dengan batang bibit atau berumur 1,5 - 2 bulan setelah penyambungan bibit disalurkan setelah berumur 2-3 bulan dan siap untuk ditanam.

 

Demplot Sambung Pucuk Kakao
- Jumlah bibit yang disambung 5000 pohon
- Entris yang digunakan/dipasang yaitu klon sulawesi 1 dan sulawesi 2
- Umur sambungan ± 1 bulan
- Pertumbuhan cukup baik
Tambahan Informasi :
Luas Tanaman Kakao di Kab. Pinrang yaitu 23.169 Ha;
Lokasi : Kampung Baru Desa Tapporang Kec. Batulappa.
Penulis (NURSAN, SP, M.Si)