RSS
Syndicate content

Proses Pembuatan Keripik Talas

Sumber Gambar: doc : ermfoto :)

Proses pembuatan keripik talas tahap ini meliputi: pengupasan talas, perendaman irisan talas, pembuatan bumbu,
pengorengan irisan talas akan diuraikan sbb:


a. Pengupasan talas
Pengupasan talas diawali dengan pencucian terlebih dahulu sebelum dikupas tujuannya adalah untuk menghilanghkan kotoran yang ada pada kulit kimpul agar sewaktu pengupasan kotoran-kotoran yang yang ada tidak menempel pada umbinya. Pencucianya dilakukan sampai bersih lalu dikupas sambil ditampung dalam air setelah itu dicuci sampai kesat dan tidak berlendir.


b. Perendaman dan penirisan talas
Perendaman talas dilakukan dalam air selama lebih kurang 0,5 jam. Kemudian ditiriskan 

 

c. Pengorengan talas
Pengirisan talas di lakukan diatas penggorengan dengan menggunakan minyak banyak agar seluruh bagian yang digoreng terendam minyak dengan api sedang. Pengorengan ini dilakukan sampai berwarna kuning kecoklatan. Tanda yang paling mudah diamati adalah gejolak minyak telah berhenti dan produk menjadi tampak kering dan berwarna kuning kecoklatan berarti proses selesai, setelah produk matang lalu ditiriskan dialasi kertas.

 

d. Pembuatan bumbu
Pembuatan bumbu meliputi penghalusan cabe merah,bawang putih ditambah sedikit air 100 ml. bumbu tersebut digongsong dengan minyak sedikit sampai benar-benar kering lalu tiriskan.pada proses penambahan gula pasir dimasak terpisah dengan ditambah air 400 ml dimasak sampai kembrambut setelah itu baru bumbu dimasukkan, diaduk sampai tercampur rata kemudian masukkan keripik kimpul balado yang sudah digoreng

 

e. Tahap penyelesaian adalah tahap akhir dari proses pembuatan keripik talas, kegiatan yang dilakukan dalam tahap ini penirisan dan mengangin-anginkan keripik talas agar bumbu yang menempel benar-benar kering sehingga bila dilakukan pengemasan kondisi keripik talas tetap renyah dan kering.

 

(dari berbagai sumber : oleh : ermadm:)