RSS
Syndicate content

Caplak Jajar Legowo 2:1 Spesifik Lokalita Kota Salatiga, Jawa Tengah

Sumber Gambar: Dok. Pribadi

Cara tanam jajar legowo merupakan cara tanam berselang-seling 2 baris dan 1 baris kosong. jarak antar baris tanaman yang dikosongkan disebut satu unit. Prinsip jajar legowo yaitu eningkatkan populasi tanaman dengan mengatur jarak tanam.

Keuntungan  sistem tanam jajar legowo :

  1. Memanfaatkan sinar matahari bagi tanaman yang berada pada bagian pinggir barisan, proses metabolisme terutama fotosintesis di daun akan semakin tinggi
  2. Mengurangi kemungkinan serangan penyakit dan hama terutama tikus dan kelembaban akan menjadi rendah
  3. Mempermudah pelaksanaan pemupukan
  4. Menyediakan ruang kosong untuk pengaturan air, saluran pengumpul keong mas atau untuk mina padi
  5. Menambah populasi tanaman yang diharapkan akan meningkatkan produksi
Jarak tanam jajar legowo 2:1 ini sendiri ada berbagai macam, bisa 40 cm x 20 cm x 10 cm dan bisa juga 50 cm x 25 xm x 12,5 cm.  Pemilihan jajar legowo mempertimangkan tingkat kesuburan tanag sehingga pemilihan ukuran jarak tanam ini agar mendapatkan hasil yang optimal. Diantara yang menjadi faktor kesulitan dalam melaksanakan tanam legowo 2:1 ini adalah penggunaan caplak dengan dua ukuran, yakni caplak untuk membuat jalur legowo 20 - 25 cm dan 40 - 50 cm dan caplak untuk membuat baris legowo 10 - 12,5 cm. Selain itu, bagi petani yang belum terbiasa dengan jajar legowo 2:1 ini, maka pada saat tanam awalnya akan mengalami kesulitan karena belum terbiasa dengan pola setiap dua jajar tanaman dikosongkan satu jajar (seperti oada gambar 1 dan 2).
Petani - petani di Kota Salatiga mulai muncul ide kreatifnya untuk membuat caplak yang sesuai dengan kondisi wilayah Kota Salatiga serta sesuai dengan kreatifitas yang dimiliki masing-masing petani. Caplak jajar legowo yang sudah dibuat oleh petani Kota Salatiga diantaranya :
1. Caplak Jajar Legowo 2:1 Model Kurungan (Roda)
Caplak ini (gambar 3) pertama kali dibuat oleh Pak Slamet, anggota dari Poktan Ngudi Rejeki 1, Bugel, Kec. Sidorejo Kota Salatiga, beliau sehari-harinya terbiasa membuat kurungan atau kandang ayam dan burung.  Caplak Roda ini dibuat dari bahan yang ada disekitar rumahnya yaitu bambu dan kayu. Bambu dibuat lingkaran sehingga caplak ini bisa menggelinding jika digunakan. Cara kerjanya yaitu pertama kali harus ditarik garis tegak lurus sebagai pedoman awalnya. Caplak bisa ditarik atau didorong mengikuti garis tegak lurus yang sudah dibuat. Hasil dari caplak ini akan langsung terbentuk garis - garis jalur legowo dan jalur dalam baris, sehingga pada saat tanam langsung mengikuti ujung2 titik yang sudah terbentuk dari caplak ini. Kelemahan model caplak ini harus hati-hati dalam narik dan dorongnya karena jika tidak bisa lurus pada saat pertama kali menariknya akan berpengaruh terhadap hasil cetakan jajar legowo pada tarikan yang berikutnya. Saat ini sudah 2 kecamatan di Kota Salatiga yang sudah memakai caplak model roda ini. 
2. Caplak Jajar Legowo 2:1 Model Tangga
 Caplak ini (gambar 4) dibuat oleh Pak Rustamin, Poktan Sido Makmur, Kelurahan Salatiga, Kec. Sidorejo Kota Salatiga. Caplak ini sangat mudah dalam pembuatannya. Bahan yang digunakan bisa dari bambu atau kayu yang ada disekitar rumah.  Bambu dipotong memanjang 2 buah dan dipotong kecil - kecil, kemudian disusun menjadi bentuk bambu, dengan panjang sesuai jajar legowo yang akan digunakan. Jika yang tanam 1 orang, maka panjang maksimal kurang lebih 1,5 m dengan diberi tanda setiap 40 cm dan 20 cm (jika yang akan digunakan jarak tanam 40 cm x 20 cm x 10 cm). Potongan bambu yang kecil - kecil dibuat dengan panjang 10 cm. Jika bahan sudah siap, kemudian bahan dipaku berdasarkan bentuk tangga. Cara penggunaan caplak ini yaitu pertama kali harus dibuat garis tegak lurus, kemudian alat ditempelkan pada permukaan tanah, setelah itu bibit padi langsung ditanam sesuai titik yang sudah dibuat (diblatkan). jika satu baris sudah selesai, caplak dipindahkan kebaris berikutnya dan padi ditanam lagi, terus menerus mengikuti garis yang sudah ditentukan. Jika yang tanam 2 orang, maka panjang maksimal yang bisa digunakan adalah 3 meter. Caplak model ini sangat mudah digunakan dan siapa saja bisa langsung dengan cepat menggunakannya. 
Selamat Mencoba!!!
Ditulis oleh Istiana N.A., SP.