RSS
Syndicate content

BERCOCOK TANAM SAYURAN KACANG PANJANG

Sumber Gambar: Dok. Pribadi
Kacang panjang dapat ditanam di dataran rendah, dataran tinggi, sawah atau kebun pekarangan. Waktu penanaman yang baik ialah menjelang musim kemarau. Tanaman ini tidak tahan terhadap air yang menggenang. Oleh karena itu, diperlukan adanya saluran pembuangan air yang baik apabila ditanam di musim hujan. Kacang panjang dapat dibedakan atas beberapa jenis berikut: 1) kacang usus, buahnya panjang-panjang, bijinya tidak begitu banyak. 2) kacang belut, buahnya tidak sepanjang kacang usus.
1.Cara menanam
a.Pembuatan bedengan
Di sawah maupun di kebun pekarangan, kacang panjang ditanam pada bedengan-bedengan. Ukuran bedengan dapat dibuat dengan lebar 50 - 60 cm atau 1 m, dengan jarak bedengan 30 - 40 cm. Bedengan selebar 50 - 60 cm hanya cukup ditanami dengan 1 deretan, sedang bedengan yang dibuat selebar 1 m dapat ditanami dengan 2 deretan.
b.Penanaman
Biji kacang panjang langsung ditanam pada tanah bedengan dengan jarak 25 - 30 cm. Tiap-tiap lubang diisi dengan 2 - 3 butir biji, kemudian ditutup dengan pupuk kandang secukupnya.
2.Pemeliharaan
a.Penyiraman
Dalam keadaan cuaca yang sangat panas, tanaman kacang panjang perlu mendapat penyiraman. Ini dilakukan 2 kali sehari, pagi dan sore.
b.Pemberian ajir
Setelah tanaman mencapai tinggi 25 cm, perlu dibuatkan ajir atau lanjaran. Biasanya dibuat dari belahan-belahan bambu atau cabang-cabang batang bambu ukuran sedang.
c.Pemupukan
Untuk mendapatkan pertumbuhan yang baik, dapat dilakukan pemupukan dengan ZA, DS, dan ZK yang dicampur dengan perbandingan 1 : 3 : 2, dimasukkan ke dalam tanah di sekeliling tanaman dengan tugal.
d.Pemberantasan hama dan penyakit
Tanaman kacang panjang banyak diserang oleh kutu merah atau kutu daun. Pemberantasannya dapat dilakukan dengan menyemprotkan racun Kelthane 2%.
3.Pemungutan hasil
Buah kacang panjang mulai dapat dipungut hasilnya setelah berumur 40 hari. Dipetik buahnya ketika belum begitu tua, sebab buah yang terlalu tua biasanya berserat dan rasanya kurang enak. Secara berangsur-angsur kacang panjang dapat dipetik hingga umur 2 bulan lebih.
Ditulis kembali oleh Lidya Febrina, S. Pt (Penyuluh Peternakan Kabupaten Batang Hari).