RSS
Syndicate content

SEMINAR PERTANIAN "MENUJU PROFESIONALISME PENYULUH" DPD PERHIPTANI LAMPUNG UTARA

Sumber Gambar: Dokumen Perhiptani Kabupaten Lampung Utara

Dalam rangka menyiapkan penyuluh pertanian untuk mengikuti proses sertefikasi profesi, Perhiptani Kabupaten Lampung Utara mengadakan Seminar dengan Tema MENUJU PROFESIONALISME PENYULUH. Acara yang diselenggarakan di AULA BP4K Kabupaten Lampung Utara itu pada hari Senin tanggal 19M aret 2012 tersebut, diikuti oleh 40 orang penyuluh pertanian yang terdiri dari 25 orang penyuluh ahli dan 15 orang penyuluh terampil. Dalam kesempatan tersebut hadir Bapak Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Lampung Utara yang diwakili oleh Sekretaris BP4K Bapak Hi. Yun Basri Yanto, SE. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap agar para peserta dapat mengikuti dengan serius sampai selesai dan kegiatan semacam ini untuk dapat dilanjutkan dengan angkatan berikutnya sehingga semua Penyuluh di Kabupaten Lampung Utara dapat mengikutinya. Bertindak selaku Pemateri adalah Muh Ikhsan, A.Md dari Kelompok Jabatan Fungsional Penyuluh Pertanian BP4K Lampung Utara, dia merupakan salah satu dari tiga orang penyuluh pertanian yang telah mengikuti Proses tahapan sertifikasi profesi penyuluh pertanian hingga dinyatakan kompeten oleh Badan Nasional Sertifikasi Pegawai (BNSP). Dalam seminar tersebut telah dipresentasikan materi tentang:
1. Kebijakan Sertifikasi Profesi Penyuluh Pertanian.
2. Keputusan Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor                                 Kep.29/Men/III/2010 Tentang Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Pertanian     Bidang Penyuluhan Pertanian
3. Peraturan Kepala Badan Penyuluhan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian         Nomor : 92/Per/Kp.460/J/05/11Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Profesi                   Penyuluh    Pertanian.
4. Pengalaman mengikuti proses sertifikasi profesi penyuluh pertanian dari awal sampai                     dinyatakan kompeten.

Dengan pelaksanaan seminar tersebut diharapkan para penyuluh pertanian di kabupaten Lampung Utara dapat menyiapkan pengetahuan dan melengkapi barang bukti yang diperlukan untuk mengikuti proses sertifikasi Penyuluh. (Muh Ikhsan, A.Md)