RSS
Syndicate content

SAMBUTAN WALIKOTA PALOPO PADA KEGIATAN LOMBA CIPTA MENU BERAGAM, BERGIZI,BERIMBANG DAN AMAN KOTA PALOPO TAHUN 2012

Sumber Gambar: DOK. BKP3 KOTA PALOPO

 

Yang Saya Hormati :

- Ketua DPRD Kota Palopo

- Ketua Tim Penggerak PKK Kota Palopo beserta seluruh jajarannya

- Para Asisten Pemkot Palopo

- Para Kepala SKPD Kota Palopo

- Para Camat Se-Kota Palopo

- Para Ketua TP PKK Kecamatan Se-Kota Palopo

- Insan Pers

- Dewan Juri dan peserta lomba Cipta Menu

- Hadirin yang berbahagia

 

Assalamu Alaikum Wr. Wb

Sebagai insan yang bertaqwa, marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah, SWT karena atas ridho-Nya jugalah, sehingga kita dapat hadir di tempat ini untuk menghadiri pembukaan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Berimbang dan Aman. Tak lupa kita kirimkan salawat atas junjungan Nabi Muhammad, SAW beserta keluarga dan para sahabatnya.

`

Hadirin Yang Saya Hormati

Pangan adalah kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat. Ketersediaan pangan kita yang cukup belum tentu dapat menjamin terhindarnya penduduk dari masalah pangan dan gizi. Selain ketersediaannya, perlu diperhatikan aspek pola konsumsi rumah tangga atau keseimbangan kontribusi jenis pangan yang dikonsumsi, sehingga memenuhi standar gizi yang dianjurkan. Potensi pangan berbasis sumber daya lokal di Kota Palopo cukup melimpah. Namun tidak mudah mengembangkan penganekaragaman pangan ini, karena menyangkut budaya, sosial, ekonomi dan teknologi.

 

Saudara-saudara yang saya hormati

Pemanfaatan umbi-umbian yang masih rendah khususnya sebagai sumber pangan non beras dipicu oleh persepsi yang berlaku umum dimasyarakat yaitu pandangan sebagian masyarakat bahwa pangan lokal sebagai pangan inferior. Sebenarnya sumbangan energi yang dihasilkan oleh kelompok pangan umbi-umbian setara dengan energi yang dihasilkan oleh nasi. Sebagai bahan perbandingan kalori 100 gram nasi setara dengan 100 gram singkong atau 50 gram sagu atau 150 gram ubi atau 50 gram jagung atau 200 gram kentang.

Disamping itu, masih terdapat kelemahan dalam pengembangan usaha kecil bidang pangan seperti kurangnya permintaan terhadap aneka olahan pangan lokal dari masyarakat, rendahnya ketersediaaan aneka olahan pangan yang berbahan pangan lokal dan rendahnya produktivitas dan kualitas produk hasil olahan pangan lokal oleh usaha kecil bidang pangan. Hal ini disebabkan oleh karena usaha kecil bidang pangan maupun rumah tangga memiliki keterbatasan terhadap aspek teknologi, finansial, manajemen dan sumber daya.

Hadirin yang saya hormati,

Dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan dan gizi bagi masyarakat Kota Palopo ditempuh dengan pemanfaatan sumber daya pangan lokal dan beranekaragam serta tidak mengandalkan satu jenis bahan pangan pokok beras saja. Upaya perbaikan pola konsumsi rumah tangga dengan peningkatan kualitas konsumsi/asupan pangan yang sesuai dengan norma gizi dan kesehatan pada akhirnya akan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Konsumsi pangan yang beragam, berizi, berimbang dan aman menjadi syarat bagi perkembangan organ fisik manusia sejak dalam kandungan yang selanjutnya berpengaruh terhadap perkembangan intelegensia maupun kemampuan fisiknya. Generasi yang tangguh secara fisik maupun intelegensia akan menjadi tulang punggung bagi tumbuh kembang suatu bangsa dalam pembangunan ekonomi, sosial maupun politik.

 

Selain menggali potensi pangan sumber karbohidrat non beras yang berasal dari seluruh wilayah Kota Palopo, maka tujuan lain diselenggarakan kegiatan ini adalah memasyarakatkan dan mengangkat citra martabat makanan lokal dan pola konsumsi pangan penduduk yang beragam, bergizi, berimbang dan aman. Oleh karena itu pada kesempatan ini, saya menghimbau kepada kita semua agar kiranya dapat mengurangi ketergantungan mengkonsumsi beras dan beralih mengkonsumsi makanan lokal kita, seperti sagu, jagung, ubi kayu, ubi jalar, sikapa, dsb. Minimal satu hari kita tidak mengkonsumsi makanan yang bersumber dari beras (One Day No Rice).

 

Hadirin yang saya hormati,

Saya mengharapkan setiap unit kerja yang terkait dengan kelompok masyarakat atau organisasi apapun perlu secara terus menerus melakukan sosialisasi maupun gerakan guna memotivasi masyarakat agar mau mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang.

 

Hadirin yang saya hormati,

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Kota Palopo pada hari ini merupakan salah satu kegiatan yang sarat dengan nilai dan penuh makna. Dimana usaha untuk mengangkat citra dan martabat pangan lokal di daerah kita yang berasal dari pekarangan masyarakat yang sesuai dengan potensi sumber daya wilayah atau pemanfaatan bahan pangan lokal.

Saya menganggap kegiatan ini sangat strategis dan sangat mengapresiasi atas terselenggaranya acara ini serta mengharapkan agar tetap dilanjutkan dimasa yang akan datang. Kalau perlu pesertanya tidak terbatas pada Tingkat Kecamatan saja tapi juga sudah melibatkan SKPD lingkup Pemerintah Kota Palopo.

 

Hadirin Yang Saya Hormati,

Perlu saya garis bawahi, bahwa dalam lomba ini jangan semata-mata karena hadiah maupun pujian, kepada seluruh peserta agar nanti sepulangnya dari lomba ini akan menindaklanjuti dan menyampaikan kepada masyarakat di wilayahnya tentang tujuan kita hari ini. Melalui kesempatan ini, Saya mengucapkan terima kasih kepada para peserta lomba cipta menu atas partisipasinya dan saya harapkan agar kerjasama yang baik ini dapat berjalan secara terus menerus.
Mengakhiri sambutan ini, Saya mengucapkan selamat berlomba, semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan Rakhmat-Nya Kepada kita semua. Dengan mengucapkan BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Berimbang dan Aman bagi Tim Penggerak PKK Kecamatan Se-Kota Palopo pada hari ini, Jum'at 21 September 2012 saya nyatakan dibuka secara resmi.

 

Wabillahi Taufiq Wal Hidayah

Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

 

Palopo, 21 September 2012

 

Walikota Palopo

 

 

 

DRS. H.P.A.TENRIADJENG, M.Si


Admin- ridoan