RSS
Syndicate content

RAPAT KOORDINASI DEWAN KETAHANAN PANGAN (DKP) KABUPATEN PASAMAN

Sumber Gambar: Heri Prasetyo, SP
Berdasarkan Keputusan Bupati Pasaman Nomor 188.45/272/BUP-PAS/2012 tanggal 26 Maret 2012 tentang Pembentukan Dewan Ketahanan Pangan (DKP) , Kelompok Kerja Ahli dan Kelompok Kerja Teknis Kabupaten Pasaman maka dilakukan Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasaman yang pertama di Gedung Syamsiar Thaib tanggal  14 Juni 2012.
Susunan Keanggotaan DKP Kabupaten Pasaman terdiri dari 16 dinas dan instansi vertikal maupun horizontal yang terbagi kedalam Kelompok Kerja ahli 4 orang dan Kelompok Kerja Teknis sebanyak 20 orang.
Rapat koordinasi ini di buka langsung oleh Bupati Pasaman selaku Ketua DKP Kabupaten Pasaman yang menekankan arahan pada perlunya memperkuat Ketahanan Pangan melalui penyediaan sarana dan prasarana penunjang pertanian seperti penyiapan untuk irigasi panti - rao yang secara perhitungan teknis masih dibutuhkan biaya sebesar Rp 32 milyar dan pada tahun 2013 dari kementrian PU telah di minta sebanyak 10 Milyar.
Perbaikan dan penyempurnaan sarana pengairan irigasi panti-rao ini akan mendorong tercapainya Ketahanan Pangan yang sustainble di Kabupaten Pasaamn karena akan terairinya sebanyak 2.800 ha lahan sawah yang sebagian besar lahan tersebut saat sekarang merupakan sawah tadah hujan. Selain itu dengan menurut Bupati Pasaman dengan adanya irigasi panti-rao ini akan meningkatkan Indek Pertanaman (IP) di Kabupaten Pasaman, diharapkan juga dapat meningkatkan produktifitas pertanaman padi saawah yang saat sekarang ini berkisar antara 4,4 - 4,5 ton/ ha.
Pada kesempatan ini Rapat Koordinasi DKP Kabupaten Pasaman juga dihadiri oleh Ir. Effendi MP sebagai Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Barat. Selaku Kepala BKP Provinsi tentunya Ir. Effendi lebih banyak menekankan Tugas dan Fungsi dari DKP sebagai Forum komunikasi antar stakeholder di bidang Ketahanan Pangan.
Oleh : Heri Prasetyo,SP