RSS
Syndicate content

PUSAT LAYANAN INTERNET KECAMATAN (PLIK) DI BADAN PELAKSANA PENYULUHAN PERTANIAN, PERIKANAN DAN KEHUTANAN KAB. BONE

Sumber Gambar: Dokumentasi BP4K Kab. Bone, 2012
Kebutuhan informasi yang cepat seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat serta minimnya sarana dan prasarana dalam mengakses internet maka Kementerian Komunikasi dan Informasi memberikan bantuan berupa pemasangan dan penyediaan pusat pelayanan internet. Salasatu yang mendapatkan bantuan adalah Kecamatan Tanete Riattang. Sebagai wadah bagi penyuluh dan petani se-Kabupaten Bone yang banyak dikunjungi oleh masyarakat utamanya para petani dan penyuluh kita maka Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan menjadi pihak yang ditunjuk oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi menjadi mitra yang mengoperasikan Pusat Layanan Internet di Kecamatan Tanete Riattang Kab. Bone.
Bantuan yang diberikan berupa komputer, desktop, genset, UPS, Printer, Swtch serta peralatan-peralatan lainnya untuk menunjang operasional PLIK. Sedangkan pihak kedua, BP4K menanggung biaya operasional PLIK seperti biaya tenaga operator, teknis, listrik dan pengeluaran lainnya.
Kesepakatan ini mulai terjalin sejak tanggal 3 Oktober 2012, BP4K yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan Pengembangaan Kelembagaan dan Kerjasama Penyuluh, Bapak Ir. Ratulangi. "Kami menyambut kerjasama ini karena hal ini sejalan dengan program Pemerintah di Sektor Pertanian untuk lebih meningkatkan Sumber Daya Manusia masyarakat kita utamanya para penyuluh dan petani dalam hal ini dalam penguasaan internet dan mendukung efektivitas penyelenggaraan peyuluhan pertanian sehingga sangat mendukung Pembangunan Pertanian. Banyak manfaat dari adanya PLIK ini, antara lain : memperlancar dan membuka peluang-peluang para petani atau pelaku agribisnis lainnya dalam menjalankan usahanya secara lebih efesien; para penyuluh dapat memperkaya pengetahuan mereka berbagai materi-materi penyuluhan. (Astiani Asady, SP., MP._Fungsional Kabupaten)