RSS
Syndicate content

POSLUHDES BASIS KEGIATAN PENYULUHAN DI DESA

Sumber Gambar: BP2KP Cilacap
"Sebagai basis kegiatan penyuluhan pertanian di Desa, Posluhtan merupakan pos koordinasi, konsultasi dan singkronisasi seluruh kegiatan yang terkait dengan penyuluhan, serta sebagai sumber informasi dan tempat konsultasi bagi petani / kontak tani. melakukan kunjungan ke kelompok tani di lapangan,"
 
Sesuai amanat UU Sistem Penyelenggaraan Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (SP3K) NO. 16 Tahun 2006, organisasi terdepan dan terbawah dalam pelaksanaan penyuluhan pertanian,perikanan, kehutanan dan ketahanan pangan berada di tingkat desa disebut dengan Pos Penyuluhan Desa-POSLUHDES. Latar belakang pembentukan Posluhdes ini antara lain masih lambannya trasfer teknologi, sulitnya merubah perilaku petani dari penerima menjadi pencari informasi dan teknologi baru, masih lemahnya kiprah penyuluh di tingkat desa dan terlambatnya kemampuan dan waktu. Menyikapi hal tersebut, Sekretariat Badan Koordinasi Penyuluhan Propinsi Jawa Tengah pada tahun anggaran 2013 melaksanakan kegiatan Penumbuhan dan Pengembangan Posluhdes di wilayah Kabupaten Cilacap, yaitu sebanyak 24 kegiatan di wilayah Kecamatan Karangpucung dan 10 kegiatan lainnya di wilayah Kecamatan Cimanggu. Hal tersebut dijelaskan, Kasubsib Programa dan Pengembangan Metode Penyuluhan pada Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Cilacap, Pajarno, SP, selalu pelaksana kegiatan yang didanai APBD Propinsi Jawa Tengah tersebut.
 
Ketika membuka kegiatan Penumbuhan dan Pengembangan Posluhdes di desa Gunung Telu Kecamatan Karangpucung, Pajarno, Sp, Selasa 20 Mei 2013 di pendopo Kantor Desa setempat, mejelaskanTujuan Pembentukan Posluhtan Desa ini uadalah ntuk mempermudah dan memperlancar penyampaian informasi teknologi kepada petani, agar petani lebih proaktif dalam mencari teknologi dan informasi pertanian secara umum, disamping ntuk merangsang petani / kontak tani dan kelompok tani dalam berkarya dan menemukan teknologi baru yang merupakan hasil karya petani sendiri. "Sebagai basis kegiatan penyuluhan pertanian di Desa, Posluhtan merupakan pos koordinasi, konsultasi dan singkronisasi seluruh kegiatan yang terkait dengan penyuluhan, serta sebagai sumber informasi dan tempat konsultasi bagi petani / kontak tani. melakukan kunjungan ke kelompok tani di lapangan," jelas Pajarno

Sementara itu, dalam waktu yang bersamaan, kegiatan serupa juga dilaksanakan di Desa Sindang Barang, berlangsung di pendopo Kantor Desa setempat. Kepala Desa Sindangbarang Kecamatan Karangpucung, Rusilam menyatakan, dengan dibentuknya Posluhdes di desanya, berarti pendampingan dan pembinaan serta penyuluhan kepada petani dapat lebih berkalanjutan. Oleh karena itu kegiatan Penumbuhan dan Pengembangan Posluhdes ini diharapkan, akan terjadi proses pemilihan kepengurusan yang sistematis dengan harapan memperoleh figur-figur yang mumpuni akan tanggung-jawabnya. " Petani di wilayahnya dilihat dari bangunan personalnya sudah sangat baik, namun masih perlu diikuti dengan bangunan komunikasi yang baik dan dukungan emosional serta semangat yang tinggi" aku Rusilam

Menurut Kepala Desa Sindangbarang Rusilam, Pusluhdes sebagai salah satu bentuk kelembagaan di tingkat desa harus memiliki system perencanaan, pengembangan organisasi dan pelaksanaan program dan pengembangan kegiatan ekonomis produktif serta pengawasan yang baik dan disesuaikan dengan komoditas unggulan di Desa Sindangbarang.

Pada kegiatan yang berlangsung selama 1 hari tersebut, disampaikan materi Petunjuk Pelaksanaan Posluhdes, Penyusuan AD/ART dan Pembentukan dan Pemilihan Kepengurusan Posluhdes. Untuk pelaksanaan kegiatan di Desa Sindangbrang, materi disaajikan oleh Ir. Guleno Iriyanto dan untuk pelaksanaan kegiatan di Desa Gunungtelu, materi disampaikan Pajarno, SP. (ap)