RSS
Syndicate content

PERTEMUAN TEKNIS PENYULUH PERTANIAN, PERIKANAN DAN KEHUTANAN SE KABUPATEN TANAH LAUT

Kinerja Penyuluh saat ini mulai menunjukan kemajuan yang cukup signifikan bila di bandingkan dengan kondisi awal era otonomi Daerah, yaitu sejak disahkannya Undang - Undang No 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan ( SP3K ). Dewasa ini Penyuluh telah siap bangkit kembali dengan tekad kerja keras untuk mendampingi pelaku utama dalam mendukung berbagai program penyuluhan.
Sehubungan dengan hal tersebut, guna mendukung kemajuan dan peningkatan kinerja penyuluh maka dilaksanakan Pertemuan Teknis Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan se Kabupaten Tanah Laut yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 27 September 2012 bertempat di Gedung SKB Komplek Perkantoran Pemda Tanah Laut.

Bupati Tanah Laut H. Adriansyah berkenan membuka secara resmi acara tersebut. Pada kegiatan yang dihadiri seluruh Penyuluh se Kabupaten Tanah Laut tersebut, Bupati Tanah Laut H. Adriansyah dalam sambutannya mengatakan antara lain "Untuk meningkatkan kinerja penyuluh diperlukan berbagai aspek, diantaranya dukungan Informasi dan teknoligi tepat guna, bimbingan dalam melakukan pendampingan yang efektif dan efisien, pembinaan mental serta pengorganisasian didalam melaksanakan tugas sebagai penyuluh yang merupakan salah satu wahana untuk meningkatkan motivasi, pengetahuan dan keterampilan serta sikap penyuluh sehingga sangat tepat dilakukan kegiatan Temu Teknis Penyuluh".

Adapun tujuan dilaksanakannya Temu Teknis ini adalah :
- Meningkatkan wawasan dan pemahaman penyuluh dan pemangku kepentingan lain tentang program Pembangunan pertanian, Perikanan dan Kehutanan.
- Meningkatkan Koordinasi antara penyuluh dan pemangku kepentingan lainnya.
- Meningkatkan kreativitas penyuluh dalam penerapan dan pengembangan penyuluhan.
- Meningkatkan motivasi, kinerja dan profesionalisme penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan.

Kegiatan Pertemuan Teknis Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan se Kabupaten Tanah Laut ini dipimpin langsung oleh Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Tanah Laut ibu Ir. Hj. Syukrainy Sjukran sebagai pembawa acara dengan dihadiri narasumber Bachtiar, SP dari Bakorluh Provinsi Kalimantan Selatan dan ibu Ir. Hj. Mariani, M.Si dari Komisi Penyuluhan Provinsi Kalimantan Selatan, selanjutnya acara diisi dengan dialog dan tanya jawab antara para penyuluh dengan narasumber dan Bupati Tanah Laut.

Diakhiri dengan do'a dan makan bersama, kegiatan Pertemuan Teknis Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan se Kabupaten Tanah Laut ditutup secara resmi oleh Wakil Bupati Tanah Laut H. Atmari.

( Oleh : A.Kurnia Sya'bani - Admin Cyber BP4K Kab.Tanah Laut)