RSS
Syndicate content

PENILAIAN LOMBA GAPOKTAN PUAP TINGKAT KABUPATEN BULELENG

Sumber Gambar: Dokumen Pribadi
Kepala Dinas Pertanian Dan Peternakan Kabupaten Buleleng bersama tim penilai Lomba Gapoktan PUAP melakukan penilaian di Gapoktan Tri Amerta Nadi sebagai wakil Kecamatan Banjar Tahun 2012.
Penilaian dengan penuh serimonial dengan melakukan pertunjukan seni yang dikolaborasikan dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) Tunjung Mekar. Saat kedatangan Rombongan tim penilai Kepala Dinas Pertanian Dan Peternakan disambut dengan Gamelan Baleganjur serta pengalungan bunga oleh para penari yang mengikuti kegiatan penilaian. Atraksi anggota KWT dengan menari disertai menyanyikan Kurs Gapoktan diiringi gamelan Gong menambah semaraknya suasana.
Kepala Desa Cempaga yang ditemui disela-sela penilaian menyampaikan penampilan pertunjukan seni ini, untuk menghibur masyarakat sekaligus mendapat bimbingan oleh Pihak Dinas serta tim penilai Lomba Gapoktan Tingkat Kabupaten Buleleng, disamping juga ingin tampil bersama untuk terus membangkitkan seni budaya yang ada.
Dalam sambutan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Buleleng, Bapak Ir. Putu Mertha Jiwa , menyampaikan tujuan dari pada Evaluasi dan penilaian Gapoktan PUAP adalah untuk menentukan satu Gapoktan yang akan mewakili Kabupaten dalam evaluasi Gapoktan Tingkat Propinsi Bali Tahun 2013. Pemenangnya akan terus dibimbing dan dipacu sehingga benar-benar menjadi Gapoktan Puap yang sesuai dengan petunjuk Kementrian Pertanian.
Ketua Tim penilai, Ir Maya Kurnia, dalam penyampaian kesan dan pesannya mengharapkan Gapoktan Tri Amertha Nadi cukup maju dan telah berhasil membentuk koperasi Gapoktan serta mampu menghimpun dana masyarakat melalui tabungan dan simpan pinjam. Gapoktan diharapkan mampu terus mengembangkan agribisnis ditingkat Desa melalui kelompok-kelompok Tani yang tergabung didalamnya. Beberapa kekurangan juga diungkapkan bahwa kerjasama dengan pihak lembaga, akses perbankan perlu disempurnakan.
Camat banjar , Ibu Nurhaeni S, Sos. Mengharapkan agar Gapoktan Tri mertha Nadi mampu menjadi teladan Gapoktan yang lainnya, untuk terus maju membangun Pertanian sehingga pengentasan kemiskinan segera dapat diwujudkan.
Pada Evaluasi /Lomba Gapoktan juga didukung dan dihadiri oleh Pengurus Forkom Kecamatan Banjar, Semua Ketua Gapoktan Tingkat Kecamatan Banjar, para Penyuluh Pembina Gapoktan PUAP, Penyelia Mitra Tani dan para anggota Kelompok Tani Desa Cempaga. Pada akhir acara penilaian dilakukan seni tari joged, dan Bebondresan oleh anak-anak Desa Cempaga. ( I Nyoman Sudrana SP, Penyuluh Pertanian Buleleng )