RSS
Syndicate content

PEMBERDAYAAN KELOMPOK NELAYAN MELALUI PELATIHAN PENANGKAPAN

Sumber Gambar: Dok.: Widiada
Berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat, dalam mendukung program pembangunan daerah SERASI (Sejahtera Aman dan Berperestasi) di Kabupaten Tabanan. Sebagaimana diketahui bahwa Kabupaten Tabanan selain memiliki potensi pertanian dalam arti luas, sehingga kabupaten ini diberi sebutan lumbung pangannya Bali, juga memiliki potensi di sektor perikanan yang memiliki peran yang sangat penting dalam menopang kehidupan masyarakat nelayan, karena Kabupaten Tabanan memiliki panjang laut lebih dari 30 km. Berkaitan dengan hal tersebut dalam upaya meningkatkan keterampilan nelayan dalam penangkapan ikan, maka bertempat di TPI ( Tempat Pendaratan Ikan) pantai Soka, Desa Soka, Kecamatan Selemadeg, dilaksanakan Pelatihan penangkapan ikan, bagi Kelompok nelayan yang ada di Wilayah Kecamatan Selemadeg dan Kecamatan Selemadeg Barat, dengan jumlah peserta 30 orang yang diikuti 10 pengurus kelompok nelayan penerima PUMP ( Pengembangan Usaha Mina Pedesaan ) perikanan tangkap tahun 2012, yang dilaksanakan tgl 16 - 21 Juli 2012. -
Tujuan dilaksanakan pelatihan ini adalah untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan bagi anggota nelayan penerima PUMP Perikanan tangkap, memperlancar pelaksanaan program PUMP, dengan materi pelatihan manajemen penangkapan ikan, penanganan hasil tangkapan ikan, perawatan alat tangkap, berlayar di laut, manajemenn perairan, perawatan mesin dan keselamatan dilaut. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tabanan yang diwakili oleh Sekretaris Dinas, dan didampingi oleh Kabid Perikanan Tangkap. Dalam pengarahannya diharapkan nelayan dapat melaksanakan defersiviksi penangkapan ikan, dengan menggunakan berbagai metode dan peralatan yang cocok, sehingga produksi anggota kelompok nelayan dapat meningkat sekaligus dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahtraan nelayan.
Dalam pelatihan ini, pelatih dan narasumber berasal dari Dinas Perikanan dan Kelautan Propinsi Bali, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tabanan dan Penyuluh Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Tabanan. Pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, sebagaimana diungkapkan oleh peserta yang memjabat sebagai ketua kelompok nelayan. (I Gst Ngr Bgs Sugiarta,S,Pi, BP4K Kabupaten Tabanan, Bali).