RSS
Syndicate content

PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS SDM PENYULUH KEHUTANAN PROVINSI GORONTALO

Sumber Gambar: Humas Bakorluh
Sebagai wujud peningkatan kualitas SDM penyuluh kehutanan, maka Bakorluh Provinsi Gorontalo menyelenggarakan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas SDM Penyuluh Kehutanan. Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama 3 hari yaitu pada tanggal 25-27 Juli 2011, yang bertempat di Hotel Millenium Kota Gorontalo. Sasaran dari pelaksanaan pelatihan ini adalah Penyuluh Kehutanan se-provinsi Gorontalo sebanyak 30 orang. Sebaran peserta sebagai berikut: Kota Gorontalo 1 orang, Kab. Gorontalo 11 orang, Kab. Gorontalo Utara 11 orang, Kab. Bone Bolango 3 Orang, Kab. Pohuwato 2 orang, dan Provinsi Gorontalo 2 orang.
Pada saat acara pembukaan berlangsung, Ir. Mardi Susilo K, MM selaku Kepala Sekretariat Bakorluh Provinsi Gorontalo menyampaikan bahwa tujuan utama dari pelaksanaan pelatihan peningkatan kapasitas SDM Penyuluh Kehutanan ini adalah 1) untuk mempersiapkan SDM penyuluh yang mampu menguasai dan menjabarkan penyelenggaraan penyuluhan guna membina fasilitasi pengelolaan penyuluhan tingkat kabupaten/kota, 2) untuk membangun sinergitas dalam penyelenggaraan penyuluhan yang dilaksanakan oleh Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam mendukung pembangunan kehutanan secara keseluruhan.
Beliau menambahkan bahwa keberadaan UU No. 16 Tahun 2006 turut menjadi pengikat tentang keberadaan semua penyuluh yang ada, baik penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan. Oleh karena itu, kami Bakorluh Provinsi Gorontalo sebagai induk dari keberadaan semua penyuluh yang ada di Gorontalo berkomitmen untuk mendukung dan memajukan keberadaan penyuluh se-provinsi Gorontalo dengan Slogan kami yaitu Bangkit Penyuluh, Satukan Langkah Untuk Mencapai Prestasi.
Sekretariat Bakorluh Provinsi Gorontalo mempunyai wilayah kerja yang cukup luas, mulai dari kawasan hutan sampai ke wilayah laut. Karena tupoksi dari penyuluhan ini cukup luas mulai dari pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan kehutanan. Semua ini tujuannya semata-mata untuk mensejahterakan masyarakat petani, pekebun, peternak dan nelayan. Papar Ir. Mardi Susilo. Selanjutnya beliau mengharapkan kepada penyuluh kehutanan agar dapat focus dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya dilapangan, sehingga kesejahteraan masyarakat binaannya yang bermukim disekitar wilayah hutan dapat tercapai.
Beberapa materi yang disampaikan dalam pelatihan peningkatan kapasitas SDM penyuluh kehutanan ini adalah sebagai berikut:
1) Kebijakan penyuluhan kehutanan dan pengembangan hutan
2) Teknik kegiatan rehabilitasi lahan dan perhutanan sosial
3) Teknik konservasi alam dan pelestarian hutan
4) Kegiatan pengelolaan dan pemanfaatan hutan produksi
5) Fungsi dan manfaat hutan
6) Penyusunan programa penyuluhan kehutanan
7) Penyusunan Impact Point
8) Dinamika kelompok
9) Fieldtrip, dan
10) Rencana tindak lanjut.

Sementara pemateri dalam pelatihan ini berasal dari Dinas Kehutanan Provinsi/Kabupaten dan Unsur Bakorluh Provinsi Gorontalo. (La Ode Uma, S.Pi).