RSS
Syndicate content

P4S MITRA MANDIRI KUBU RAYA

Latar Belakang Berdirinya P4S Mitra Mandiri
P4S Mitra mandiri terletak di Jalan Trans Kalimantan, dimana jalan tersebut merupakan jalan penghubung antar propinsi di Kalimantan dan sekaligus merupakan jalan penghubung antar negara. Yaitu jalan penghubung ke negara tetangga Malaysia dan Brunei Darrussalam.

Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Mitra Mandiri, lahir atau dibentuk dari kondisi yang tidak disengaja. Bpk. Abas, seorang penggerak dibidang pertanian yang saat itu melihat di wilayah tersebut kondisinya sangat memprihatinkan. SDM melimpah, SDA sangat potensi, namun belum tersentuh oleh tangan yang peduli akan potensi wilyah tersebut. Dari hal tersebut diatas beliau mulai mengembangkan budidaya horticultura (tomat, cabe, dan terung putih). Sebab sebelum masyarakat mengenal tanaman horticultura/sayur-mayur, mereka hanya tanam padi lahan kering dan ubi, itupun bersifat nomaden dan subsisten.

Selain berupa wilayah yang sangat tertinggal, masyarakat daerah tersebut sangat gemar mabuk-mabukan dan berjudi, serta melakukan kegiatan yang bersifat melawan hukum. Seiring dengan berjalannya waktu, maka pada awal tahun 2006. Pak Abas mulai memperkenalkan kegiatan pertanian, yaitu budidaya sayur mayur untuk memberikan contoh pada masyarakat sekitarnya. Dari keberhasilan tersebut akhirnya banyak masyarakat disekitar yang mengambil ilmu bercocok tanam sayur mayur kepada Bpk. Abas.

Dari tahun 2006 sampai dengan tahun 2009, telah banyak petani yang belajar/magang di tempat Pak. Abas, sehingga tidak heran jikalau di wilayah tersebut sekarang menjadi sentra produk sayuran. Dari kegiatan-kegiatan permagangan tersebut, maka pada bulan agustus 2009, dibentuklah kepengurusan P4S yang diberi nama ‘P4S MITRA MANDIRI'.

Dan selanjutnya pemerintah kabupaten Kuburaya melalui Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BPPKP) mengeluarkan SK sebagai pengukuhan Pusat Pelatihan Pertanian dan Swadaya (P4S) tersebut.
Tujuan Didirikannya P4S Mitra Mandiri
Tujuan dan Pelatihan bagi petani adalah :
- Meningkatkan pengetahuan, sikap, dan ketrampilan petani dalam mengelola usaha taninya.
- Meningkatkan kemampuan teknis agribisnis petani.
- Meningkatkan kemampuan dan menjalin kemitraan usaha dengan perusahaan agribisnis dan mengembangkan jejaring kerja sama sesama petani.
- Meningkatkan kemampuan petani.
Visi Misi P4S Mitra Mandiri
Adapun visi P4S Mitra Mandiri adalah terwujudnya SDM dibidang pertanian dan agribisnis yang mandiri. Sedangkan misi P4S Mitra Mandiri adalah sebagai berikut :
- Mendorong terlaksananya konsep penggabungan usaha pertanian, sehingga lebih efisian, ekonomis, dan berdaya saing tinggi.
- Memberikan alternatif dan percontohan berbagai konsep pemecahan masalah yang timbul di sektor usaha pertanian.
- Pengkajian dan penelitian berbagai masalah yang ada, serta peluang-peluang yang memungkinkan sebagai alternatif pemecahnya, karena pada hakekatnya petani juga peneliti.
- Memberikan percontohan usaha dibidang pertanian yang berorientasi pada peluang dan kebutuhan pasar lokal dan global.
- Pemberdayaan petani dan masyarakat pedesaan berupa pelatihan ketrampilan.

Profile

P4S MITRA MANDIRI adalah sebuah Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya yang didirikan oleh Bp. Abas selaku pimpinan dan penanggung jawab dari pusat pelatihan tersebut. Berdiri pada bulan agustus tahun 2009 dengan SK Bupati sebagai pengesahannya.
Susunan Organisasi P4S Mitra Mandiri
Penasehat
- Bupati Kuburaya
- DPRD Kab. Kuburaya
Pembina
- Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Kuburaya
- Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan
Ketua
- A b a s
Sekretaris
- Erik Bastian Canggih Saputra
Bendahara
- Sholihin
Kepesertaan
- Sarja, SP
- Yohanes, STP
Konsumsi
- Nurhayati
Dokumentasi
- Erik Bastian Canggih S.
Perlengkapan
- Sukardi
- Suparman