RSS
Syndicate content

LAPORAN TEMU TEKNIS PENYULUH PERTANIAN DISTAN KAB. KAPUAS

Sumber Gambar: Dokumen KJF. Distan TPH Kapuas

LAPORAN PENYELENGARAAN TEMU TEKNIS PENYULUH PERTANIAN
DI DINAS PERTANIAN TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA
KABUPATEN KAPUAS KALTENG
Temu Teknis Penyuluh Pertanian di Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai tanggal 23 - 24 Mei 2012. Dalam Laporan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kapuas, tujuan Temu Teknis ini salah satunya adalah menyamakan persepsi, gerak dan langkah kinerja penyuluh pertanian se Kabupaten Kapuas dalam melaksanakan tugas, fungsi dan tangggung jawabnya sebagai mitra pelaku utama dan pelaku usaha serta pemerintah daerah dalam rangka mendukung dan mensukseskan pembangunan pertanian di Kabupaten Kapuas.
Kegiatan Temu Teknis di Kabupaten Kapuas kali ini dihadiri oleh seluruh Penyuluh Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura baik PNS, CPNS maupun THL-TB, Petugas POPT yang jumlahnya sebanyak 164 orang. Adapun materi yang disampaikan dalam Temu Teknis yang dilaksanakan dan sangat perlu untuk dipahami, dimengerti oleh seluruh Penyuluh dan petugas yang hadir adalah: 1. Program/Kebijakan Pembangunan Pertanian Tahun 2012 Dinas Pertanian TPH Kabupaten Kapuas oleh Kadis Pertanian THP Kapuas, 2. Disiplin PNS oleh Sekretaris Dinas Pertanian TPH Kapuas, 3. Diseminasi Hasil-hasil kajian teknologi spesifik lokalita oleh BPTP Kalteng, 4. Program bidang produksi Tanaman pangan Distan TPH Kapuas oleh Kabid Produksi, 5. Program bidang Sapras Dinas Pertanian TPH Kapuas oleh Kabid Sapras, 6. Program bidang Bina Usaha Tani Distan TPH Kapuas oleh Kabid Binus, 7. Program bidang produksi hortikultura Distan TPH Kapuas oleh Kabid Horti, 8. Perencanaan penyelenggaraan penyuluhan pertanian dan penyusunan programa penyuluhan pertanian oleh M.Muksin, SP dan Catur Karya SST, 8. RKTP.P oleh Mulyadi, SST, 9. Cyber Extension oleh Rudiyunu, SST(Admin_Kapuas 1), 10. Laporan-laporan kegiatan penyuluhan pertanian oleh H. Komari, SP dan Purwadi, SP, 11. Tata Cara Pengajuan HAPAK dan DUPAK Jabatan Fungsional Penyuluh Pertanian oleh Kukuh Basuki, SP.
Kesimpulan dan kesepakatan yang dihasilkan dari Temu Teknis tingkat Kabupaten Kapuas salah satu diantaranya adalah 1. Semua Penyuluh Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, Petugas POPT di Kabupaten Kapuas siap meningkatkan kinerja dalam mendukung dan mensukseskan program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) tahun 2014 sebesar 10 juta ton dan program Pemerintah Kabupaten Kapuas tahun 2012 produksi padi sebesar 450 ribu ton, 2. Semua Penyuluh Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura di Kabupaten Kapuas siap untuk mensukseskan program Cyber Extension di Kabupaten Kapuas.
By Rudiyunu, SST ( Admin_Kapuas 1).