RSS
Syndicate content

KUNJUNGAN KERJA GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Sumber Gambar: HARDIYONO PPL SUMHAI KAKAP
Tanggal 4 Oktober 2011 Gubernur Kalimantan Barat Bpk. Drs. Cornelis, MH. Melakukan kunjungan Kerja ke Kabupaten Kubu Raya tepatnya di Desa Kali Mas ( Parit Banjar ) Kecamatan Sungai Kakap. Kunjungan tersebut diawali dengan panen Langsat di tempat kebun Gapoktan Kalimas 2, tanaman Langsat memang merupakan andalan dari desa tersebut. Untuk pohon Langsat yang masih produktip dapat dipanen buahnya 12 sampai 15 ton per Hektar dalam satu musim.

Setelah melakukan panen buah Langsat, Gubernur memberikan bantuan secara simbolis kepada poktan dan Gapoktan di desa tersebut, adapun bantuan yang diberikan berupa Traktor roda 2 (dua) sebanyak 1 (satu) unit, prontok Gabah 1 unit, pompa air 1 (satu) unit. Acara dilanjutkan dengan penyampaian arahan dari bapak Gubernur, dalam arahannya Bapak Gubernur menegaskan tentang sistem pemasaran buah langsat, agar dapat dipasarkan keluar daerah baik dalam negeri maupun luar negeri, seperti Negara tetangga yaitu Malaisia, berunai dan Singapura. Kendala dalam pemasaran buah langsat adalah ketahanan buah langsat itu sendiri maksimal selama 72 jam. Oleh karena itu perlu adanya sistem pemasaran yang profesional agar dapat ditangani dengan cepat sampai pasarkonsumen. Selain itu Gubernur juga mengajak masyarakat / petani terutama ibu-ibu petani agar memanfaatkan lahan pekarangannya untuk dijadikan kebun keluarga, dan dalam pelaksanaannya untuk mengkonsultasikan kepada Dinas Pertanian dalam keperluan bibit tanaman, dan kepada Penyuluh untuk mendampingi dalam pelaksanaannya. Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kubu Raya agar selalu memberikan dukungan untuk menciptakan Pasar, secara terorganisir.

Setelah memberikan arahan, acara dilanjutkan dengan dialog para petani, adapun yang diharapkan petani dari pemerintah adalah pengaspalan jalan dari desa Kali mas ( parit Banjar ) menuju arah kota Pontianak sekitar 6 Km. Dan ini merupakan transfortasi pemasaran hasil Perkebunan terutama Buah Langsat. Pasar utama dari buah langsat adalah kota Pontianak.

BALAI PENYULUHAN KECAMATAN KAKAP.