RSS
Syndicate content

KOMISI PENYULUHAN PERTANIAN, PERIKANAN / KELAUTAN DAN KEHUTANAN KAB.SIKKA

Untuk membantu kelancaran tugas kepala daerah dalam kaitannya dengan pengambilan kebijakan penyelenggaraan penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan, dengan mengacu pada UU No 16 Tahun 2006 tentang Sintem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (SP3K) khususnya pasal 12 (ayat 1 dan 2) dan pasal 14 (ayat 1 dan 2) secara tegas menyebutkan bahwa Gubernur dan Bupati/Walikota dalam menetapkan kebijakan dan strategi penyelenggaraan penyuluhan dibantu oleh Komisi Penyuluhan. Tugas dari komisi penyuluhan tersebut yakni :
1. Memberikan saran/bahan pertimbangan kepada pemerintah kabupaten/kota tentang hal-hal yang berkaitan dengan penyusunan kebijakan dan strategi penyuluhan pertanian, perikanan, dan kehutanan di kabupaten/kota yang bersangkutan.
2. Memberikan saran pertimbangan yang berkaitan dengan fasilitas pemerintah kabupaten/kota untuk meningkatkan kemampuan mengelola penyuluhan pertanian, perikanan, dan kehutanan sesuai dengan kewenangan otonomi daerah dan kebijakan pemerintah kabupaten/kota.
3. Memberikan saran pertimbangan yang berkaitan dengan penguatan dan pengembangan kelembagaan, ketenagaan, program dan pembiayaan penyuluhan pertanian, perikanan, dan kehutanan di kabupaten/kota.
4. Memberikan alternatif pemecahan masalah dalam penyelenggaraan penyuluhan pertanian, perikanan, dan kehutanan di kabupaten/kota.
Kegiatan pembentukan Komisi Penyuluhan Kabupaten di fasilitasi oleh Komisi Penyuluhan Provinsi NTT yang di ketuai oleh Ir. Leta Rafael Levis, M.Rur. Mgnt. Pada tanggal 11 Juni 2012 bertempat di Aula BKPP Kab.Sikka.
Kepengurusan Komisi Kabupaten yang terpilih antara lain :
Ketua : Ir.Blasius Pedor Parera
Wakil Ketua : Polce Paulus, SP
Sekretaris : Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kab.Sikka
Wakil Sekretaris I : Sekretaris Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kab.Sikka
Wakil Sekretaris II : Kepala Bidang Penyuluhan pada Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kab.Sikka
Anggota
1. Kepala bidang yang membidangi penyuluhan pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sikka
2. Kepala bidang yang membidangi penyuluhan pada Dinas Kehutanan Kabupaten Sikka
3. Kepala Kebun Percobaan /
4. Rafael Raga, SP (pemerhati)
5. Markus Meo, SP (pemerhati)
6. Yayasan Pembangunan Masyarakat Flores
7. PT.Mars
8. KTNA Kabupaten Sikka
9. Yoseph Yakob Da Rato (Faperta UNIPA Maumere)
10. Koordinator Penyuluh Kabupaten Sikka