RSS
Syndicate content

KAJI TINDAK PENYULUH KECAMATAN

Sumber Gambar: Met'12

Dalam rangka peningkatan kapasitas Penyuluh Pertanian, yang memiliki fungsi sebagai fasilitator pengembangan agribisnis berbasis teknologi spesifik lokalita, secara serempak diadakan lokakarya perencanaan diseluruh Balai Penyuluhan Kecamatan di Kabupaten Solok. Penyelenggaraan lokakarya tersebut umumnya dilaksanakan pada tanggal 16-17 Juli 2012 yang dihadiri oleh seluruh penyuluh di masing-masing kecamatan.
Lokakarya tersebut merupakan rangkaian dari program kaji tindak bagi BPP dalam peningkatan kualitas SDM penyuluh. Kaji tindak adalah pengkajian masalah penyuluhan pertanian dengan melakukan kegiatan identifikasi masalah, penyusunan rencana kegiatan serta melaksanakan tindak lanjut pemecahan masalahnya.
Keluaran yang diharapkan akan muncul dari program kaji tindak adalah penyuluh Pertanian mampu melakukan pengkajian secara cepat berkaitan dengan kompetensi agribisnis yang dapat dipergunakan sebagai fasilitasi kepada pelaku utama dan pelaku usaha diperdesaan/nagari. Dan juga agar penyuluh memperoleh pengalaman saat proses pembelajaran berkaitan dengan pelaksanaan agribisnis (lesson learn) sehingga dapat dipergunakan untuk memilih metodologi penyuluhan yang tepat dalam fasilitasi kepada pelaku utama dan pelaku usaha. Serta diharapkan akan dapat terwujud Balai Penyuluhan Kecamatan sebagai basis penyuluhan yang memiliki model agribisnis sehingga dapat berfungsi sebagai klinik agribisnis untuk memberikan pelayanan kepada pelaku utama dan pelaku usaha. (Met'12)