RSS
Syndicate content

" Inventarisasi Jumlah Kelompok Tani Tahun 2010"



I.  PENDAHULUAN

I.    Latar belakang


Kelompok tani adalah kumpulan petani / peternak / pekebun yang dibentuk atas dasar kesamaan kepentingan, kesamaan kondisi lingkungan ( sosial, ekonomi, sumber daya ) dan keakraban untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha anggota. Selain itu kelompok tani / Lembaga petani merupakan wadah belajar mengajar bagi anggotanya guna meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap serta tumbuh dan berkembangnya dalam berusaha tani sehingga produktivitasnya meningkat, pendapatan bertambah serta kehidupan yang lebih sejahtera. Selain itu kelompok tani / lembaga tani juga sebagai tempat untuk memperkuat kerjasama diantara sesama petani dalam kelompok tani dan antar kelompok tani serta dengan pihak lain.
Pengembangan kelompok tani atau lembaga tani pada dasarnya adalah untuk berperan dalam menciptakan prakarsa dan inisiatif para petani dengan memberikan kemudahan dan pelayan informasi serta pemberian perlindungan hukum dari pemerintah. Untuk itu diharapkan kelompok tani atau lembaga tani dapat meningkatkan kemampuannya dalam menggali sumber-sumber potensi dan peluang dibidang usahataninya.

II.    Tujuan

Tujuan melaksanakan kegiatan inventarisasi kelompok tani adalah :
1.    Melakukan pendataan dan menginventaris kelompok tani yang ada diwilayah binaan penyuluh dalam Kabupaten Musi Banyuasin.
2.    Untuk meng up-date data terbaru kelompok tani / Gapoktan di wilayah binaan penyuluh dalam Kabupaten Musi Banyuasin.
3.    Sebagai bahan penyusunan dan perencanaan program pembangunan yang berkaitan dengan keberadaan kelompok tani dalam Kabupaten Musi Banyuasin.
4.    Memfasilitasikan keberadaan kelompok tani dalam penumbuhan dan pengembangan kelembagaan tani.

III.    Sasaran

Sasaran kegiatan Inventarisasi kelompok tani adalah :
1.    Tersedianya data kelompok tani yang ada diwilayah binaan penyuluh dalam Kabupaten Musi Banyuasin.
2.    Mengetahui pengembangan dan jumlah kelompok tani yang ada diwilayah Kabupaten Musi Banyuasin.
3.    Mengetahui dan meningkatkan potensi usahatani dan mitra kerja bagi penyuluh dalam pengembangankeberadaan   kelompok tani.


II. PELAKSANAAN

 

I.    Dasar Pelaksanaan :


Kegiatan Inventarisasi dan penilaian kemampuan kelompok tani dilaksanakan di seluruh wilayah binaan penyuluh dalam Kabupaten Musi Banyuasin didasari kepada :
a.  Dokumen Pelaksana Anggaran Satuan kerja Perangkat Daerah ( DPA – SKPD ) Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Musi Banyuasin Tahun Anggaran 2010 Nomor : 2.01.03.15.13.5.2 Tanggal 1 Februari 2010.

b.  Keputusan pengguna Anggaran Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Musi Banyuasin Nomor : 13/ KPTS / BP2TANIKHUT /3.1/ 2010 tentang Penetapan Pelaksana Kegiatan dan Petugas Lapangan Kegiatan Inventarisasi dan Penilaian Kemampuan Kelompok Tani tanggal 18 Februari 2010.

II.   Pelaksanaan



a.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Kegiatan Inventarisasi Kelompok tani dilaksanakan di seluruh wilayah binaan penyuluh dalam Kabupaten Musi Banyuasin yang diharapkan selesai pada akhir anggaran tahun 2010.

b.    Metode Pelaksanaan
Metode pelaksanaan yang digunakan untuk kegiatan inventarisasi kelompok tani adalah :
Melakukan persiapan dengan mengadakan sosialisasi untuk menyampaikan informasi kegiatan inventarisasi dan penilaian kemampuan kelompok tani.
Melakukan pendataan kelompok tani dan mengisi form data kelompok tani oleh penyuluh yang menjadi binaannya di wilayah masing – masing.
Melakukan entry data kelompok tani kedalam program komputerisasi.

c.    Biaya
Kegiatan inventarisasi dan penilaian kemampuan kelompok tani di biayai dari dana APBD Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Musi Banyuasin Tahun Anggaran 2010.

d.    Hasil Pelaksanaan
Kegiatan Inventarisasi dan Penilaian Kemampuan Kelompok tani yang dilakukan adalah mendata form sebagai berikut :

Hasil pelaksanaan kegiatan Inventarisasi dan Penilaian Kemampuan Kelompok Tani yaitu pendataan kelompok tani yang ada di masing-masing wilayah binaan penyuluh di BP3K Kecamatan adalah sbb:

a.    Kelompok tani yang ada diwilayah binaan penyuluh di setiap BP3K dalam Kabupaten Musi Banyuasin total berjumlah 2.113 kelompok dengan rincian sebagai berikut :

1.      BP3K Kayuara berjumlah  127 Kelompok Tani      
2.      BP3K Lais berjumlah  127 Kelompok Tani      
3.      BP3K Keluang berjumlah  151 Kelompok Tani      
4.      BP3K Sri Gunung berjumlah  347 Kelompok Tani      
5.      BP3K Tebing Bulang berjumlah  122 Kelompok Tani      
6.      BP3K Kaliberau berjumlah  383 Kelompok Tani      
7.      BP3K Tanah Abang berjumlah  89 Kelompok Tani      
8.      BP3K Plakat Tinggi berjumlah  138 Kelompok Tani      
9.      BP3K Kasmaran berjumlah  143 kelompok Tani      
10.    BP3K Ngulak berjumlah  120 Kelompok Tani      
11.    BP3K Karang Agung Ilir  berjumlah  171 Kelompok Tani      
12.    BP3K Karang Agung Tengah berjumlah  195 Kelompok Tani     

b.    Pendataan yang dilakukan adalah untuk mengetahui kondisi dari kelompok tani yang meliputi antara lain sarana prasarana yang ada, komoditi yang diusahakan, pernah mengikuti pelatihan,  adanya kesepakatan yang dilakukan/dimusyawarahkan oleh kelompok, kemitraan yang dilakukan kelompok.
c.    Dari hasil pendataan yang ada sebagian besar kelompok tani tersebut belum memiliki sarana prasarana yang dibutuhkan untuk kegiatan yang mendukung pertanian, , belum adanya pola kemitraan dengan pihak lain, belum pernah mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh pemerintah ( dinas/ instansi terkait ) atau pihak lain.
d.    Untuk komoditi yang diusahakan oleh kelompok tani, sebagian besar adalah mengikuti kepada potensi dari masing-masing wilayah / kecamatan / desa kelompok tani tersebut.