RSS
Syndicate content

HARI KRIDA PERTANIAN (HKP) KE-39 TINGKAT KABUPATEN BEKASI TAHUN 2011

Hari Krida Pertanian diperingati setiap tahunnya selama 1 bulan penuh pada tanggal 21 Juni – 21 Juli dengan berbagai kegiatan. Peringatan tersebut sebagai ungkapan rasa bersyukur dan berbangga hati sekaligus mawas diri atau introspeksi diri dalam melakukan kegiatan pertanian selama setahun.
Hari Krida Pertanian (HKP) ke-39 Tingkat Kabupaten Bekasi Tahun 2011 dilaksanakan pada hari Selasa – Kamis tanggal 12-14 Juli 2011, bertempat di Kelurahan Kebalen Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi dengan tema : “Melalui Hari Krida Pertanian (HKP) ke-39 kita kembangkan daya saing perekonomian rakyat dalam upaya meningkatkan pendapatan petani-nelayan menuju masyarakat maju, mandiri dan sejahtera berwawasan agribisnis”
Tujuan dilaksanakannya Kegiatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-39 Tingkat Kabupaten Bekasi Tahun 2011 adalah :
a.Meningkatkan kepemimpinan dan kemandirian petani dan nelayan melalui wadah KTNA,
b.Meningkatkan motivasi, pengetahuan dan keterampilan petani dalam mewujudkan kemandirian pangan,
c.Menjalin kemitraan usaha dan pertukaran informasi antara petani-nelayan dengan para pengusaha di bidang agribisnis, agroindustri dan agrowisata,
d.Memanfaatkan peluang pasar domestik maupun ekspor untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani dan nelayan,
e.Memelihara rasa kebersamaan dan kekeluargaan petani dan nelayan.
Peserta Hari Krida Pertanian (HKP) ke-39 Tingkat Kabupaten Bekasi Tahun 2011 terdiri dari :
a.Para Undangan, yaitu : Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Bekasi; Unsur Muspida (Kepala Kejaksaan Negeri Cikarang, Komandan Kodim 0507, Kapolres Kabupaten Bekasi); Para SKPD; Camat se Kabupaten Bekasi; Kepala Desa se Kabupaten Bekasi
b.Unsur KTNA se Kabupaten Bekasi sebanyak 150 orang (setiap Kecamatan mengirimkan 6 orang ditambah 12 orang Pengurus KTNA Kabupaten Bekasi) terdiri dari Petani Dewasa, Wanita Tani dan Taruna Tani yang berasal dari petani tanaman pangan, petani kebun, peternak dan pembudidaya ikan / nelayan.
c.Unsur Tenaga Penyuluh se Kabupaten Bekasi
d.Unsur Masyarakat Petani Nelayan
Adapun rangkaian kegiatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-39 Tingkat Kabupaten Bekasi Tahun 2011 adalah :
a.Pembukaan
Hari Krida Pertanian (HKP) ke-39 Tingkat Kabupaten Bekasi Tahun 2011 secara resmi dibuka oleh Bapak Bupati Bekasi dengan dihadiri oleh Unsur-unsur Muspida, Kepala Kejaksaan Negeri Cikarang, Kepala Pengadilan Negeri Bekasi, Kapolres Kabupaten Bekasi dan Komandan KODIM 0507, Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Para Assisten Daerah, Kepala SKPD dan Camat se Kabupaten Bekasi. Adapun jumlah peserta dan tamu undangan yang hadir pada acara pembukaan sebanyak 1.487 orang.
Pada acara Pembukaan juga dilakukan penyerahan Penghargaan secara Simbolis oleh Bapak Bupati Bekasi kepada :
a) Petani Berprestasi
b) Kelompok Tani Berprestasi
c) PPL Berprestasi
d) UPT BP3K Terbaik
Serta dilakukan pula penyerahan Bantuan dari Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bekasi dan Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bekasi kepada para Petani Nelayan di Kabupaten Bekasi yaitu :
1) Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan berupa : Traktor Roda 2 (dua); Paket Rice Milling Unit (RMU); Bantuan Sosial SL-PTT; Bibit Sengon; Bibit Jambu Cingcalo; Bibit Mangga; Bibit Lengkeng; Tanaman Toga untuk P2WKSS
2) Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan berupa : Sarana Pemasaran Bergerak berupa sepeda roda 2 (dua); Restocking / Penebaran Benih Ikan di Perairan Umum
3) Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan berupa : Buku Panduan Peningkatan Kelas Kemampuan Kelompok Tani – Nelayan; Buku Rencana Definitif Kelompok (RDK); Buku Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (RDKK); Peraturan Menteri Pertanian Nomor 273 Tahun 2007 tentang Penumbuhan Kelompok Tani dan Petunjuk Teknis Penyusunan RDK dan RDKK

b.Temu Karya
Kegiatan Temu Karya diikuti oleh utusan peserta dari Kecamatan dengan menampilkan teknologi tepat guna penetasan telur itik sistem fermentasi dedak kasar dan halus, karya Sdr. Adam Pemuda Tani dari Kecamatan Pebayuran.

c.Bakti Tani
Kegiatan Bakti Tani diisi dengan penanaman pohon dan penebaran 30.000 benih ikan nila di danau Komplek Villa Gading Baru, Kelurahan Kebalen Kecamatan Babelan.

d.Perlombaan
Peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-39 juga diisi oleh berbagai perlombaan pengetahuan dan keterampilan yang diikuti dengan baik oleh seluruh peserta, antara lain :
• Lomba asah terampil dengan hasil Juara I : Kecamatan Tambun Selatan; Juara II : Kecamatan Babelan; Juara III : Kecamatan Cikarang Selatan
• Lomba baca puisi dengan hasil Juara I  : Dewi Herlina  (Kecamatan Muara gembong); Juara II : Muhsin  (Kecamatan Babelan); Juara III  : Ujang (Kecamatan Sukakarya)
• Lomba Stand Pameran dengan hasil Juara I : Kecamatan Babelan; Juara II : Kecamatan Pebayuran; Juara III : Kecamatan Cikarang Pusat; Juara Harapan I : Kecamatan Bojongmangu; Juara Harapan II   : Kecamatan Tambun Utara

e.Pameran
Kegiatan Pameran Hari Krida Pertanian (HKP) Tahun ini diikuti oleh 23 Kecamatan dan pengusaha yang bergerak di sektor pertanian. Para Pengusaha yang turut mengikuti Kegiatan Pameran yaitu PT. Dongseo, PT. Yanmar, PT. Syngenta dan UMKM Mina Mandiri
Selama kegiatan Hari Krida Pertanian telah terjadi transaksi bisnis di stand pameran dengan total nilai sebesar  Rp. 53.000.000,- (Lima puluh tiga juta rupiah).
Disamping itu terjadi kontak bisnis dan kerjasama di beberapa stand pameran sebagai berikut :
- Kerjasama antara PT. DONGSEO dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam hal memfasilitasi petani untuk mendapatkan alat perontok gabah,
- Pesanan ikan lele sebanyak 4 kuintal/hari dan olahan rumput laut sebanyak 14 kardus/hari di stand Kecamatan Babelan,
- Pesanan ikan patin sebanyak 1 ton/hari di stand Kecamatan Cikarang Timur,
- Pesanan beras merah 1 ton/bulan di stand Kecamatan Sukakarya,
- Pesanan DOC ayam kampung sebanyak 3000 ekor/hari di stand Kecamatan Karang Bahagia,
- Pesanan kambing unggul sebanyak 30 ekor di stand Kecamatan Serang Baru,
- Pesanan ikan rucah sebanyak 1 ton/2 minggu di stand Kecamatan Muaragembong.

f.Mimbar Sarasehan KTNA
Dari kegiatan Mimbar Sarasehan telah dihasilkan suatu kesepakatan para Kontak Tani-Nelayan Andalan se Kabupaten Bekasi. Salah satu kesepakatan tersebut adalah Hari Krida Pertanian (HKP) ke-40 Tahun 2012 akan dilaksanakan di Kecamatan Cabangbungin.

g.Penutupan
Hari Krida Pertanian (HKP) ke-39 Tingkat Kabupaten Bekasi Tahun 2011 ditutup oleh Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bekasi, yang dihadiri oleh yang mewakili Kepala Dinas / Instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi dan Camat se Kabupaten Bekasi. Pada acara Penutupan disampaikan hasil kesepakatan Mimbar Sarasehan oleh Ketua KTNA Kabupaten Bekasi dan penyerahan hadiah Lomba Pengetahuan dan Keterampilan selama kegiatan berlangsung, serta penyerahan Piagam /Piala Penghargaan kepada Dinas / Instansi dan Perusahaan yang berpartisipasi dalam kegiatan Pameran.

Dari hasil kegiatan Hari Krida Pertanian (HKP) Tingkat Kabupaten Bekasi Tahun 2011 di Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut :
a. Dengan adanya kegiatan Hari Krida Pertanian (HKP) Tingkat Kebupaten Bekasi, terjalin kemitraan usaha dan pertukaran informasi antara petani nelayan dengan para pengusaha di bidang agribisnis, agroindustri dan agrowisata.
b. Sebagai ajang promosi bagi petani-nelayan akan produk-produk yang menjadi andalan atau favorit dari suatu daerah sehingga produk yang dihasilkan oleh petani di Kabupaten Bekasi lebih dikenal oleh masyarakat luas.
c. Petani semakin bertambah wawasan di bidang pertanian tradisional ke pertanian modern.

(Sumber : Bidang Kelembagaan dan Penyelenggaraan Penyuluhan pada BP4KKP Kab. Bekasi)