RSS
Syndicate content

BP4K KAB PEKALONGAN STAND TERBAIK KAJEN EXPO 2011

Sumber Gambar: BP4K Kab. Pekalongan
Kajen-Expo merupakan even tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah Kab. Pekalongan dengan peserta semua SKPD, BUMD/ BUMN dan swasta di wilayah Kab. Pekalongan. Pameran berlangsung tanggal 21 - 27 Juli 2011 bertempat di alun alun Kajen Kab. Pekalongan. Berdasarkan hasil penilaian juri, BP4K Kab. Pekalongan berhasil mengumpulkan point tertinggi sehingga ditetapkan menjadi stand terbaik I Kajen Expo 2011.
BP4K menjadi peserta untuk kali kedua dengan mengusung tema "Pengendalian Hama Wereng dan Tikus". Tema ini dipilih sesuai dengan kondisi lapangan dimana serangan hama tersebut telah merugikan para petani di Kab. Pekalongan. Materi pameran berisi paket teknologi pengendalian hama/penyakit tanaman maupun teknologi terapan, antara lain teknik bertanam secara vertikultur. Ini bertujuan untuk pemanfaatan lahan pekarangan yang terbatas dengan budidaya tanaman ramah lingkungan. Selain itu, pengunjung dapat mengamati secara langsung tampilan burung hantu ( Tyto alba ) yang merupakan predator alami tikus. Adapun mengenai bagaimana memanfaatkan kondisi air pasang/ rob yang melanda wilayah pantura ( Kec. Siwalan, Wonokerto, Tirto ) ditampilkan teknik budidaya karamba jaring apung dan budidaya kepiting "soka".
Pameran ini merupakan salah satu metode penyuluhan. Dengan penataan sedemikian rupa pengunjungpun cukup antusias untuk menggali informasi dari penjaga stand yang merupakan penyuluh di BP4K Kab. Pekalongan. Berdasarkan catatan di buku tamu sebagian besar pengunjung menyatakan bahwa stand BP4K sangat menarik dan berhasil menyampaikan informasi teknologi pertanian perikanan dan kehutanan yang dibutuhkan masyarakat serta memberikan wawasan bagi petani dan masyarakat pada umumnya.
(Agus Eko M, Penyuluh Perikanan BP3K Kecamatan Bojong, Kab. Pekalongan)