RSS
Syndicate content

APRESIASI CYBER EXTENSION BP4K KAB. PINRANG 2012

Sumber Gambar: Suardi, S.Hut

APRESIASI CYBER EXTENSION BP4K KAB. PINRANG TAHUN 2012
Teknologi penyuluhan pertanian terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi informasi saat ini. Karena itu Para penyuluh pertanian di kabupaten Pinrang yang tersebar di 12 kecamatan diharapkan mampu memanfaatkan teknologi internet untuk mengakses inovasi toknologi terbaru dari lembaga penelitian untuk disuluhkan kepada para petani di lapangan. Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Pinrang Ir. H.Andi Muhammad Amir, Riu, MP ketika membuka apresiasi cyber extension untuk penyuluh pertanian di ruang kerjanya, Selasa 24 Januari 2012 mengatakan, kemajuan teknologi informasi sudah berkembang pesat dan bagaimana para penyuluh pertanian untuk memanfaatkan secara positif khususnya dalam melaksanakan tugas penyuluhan kepada petani.
Dikatakan Andi Amir Riu, teknologi internet bisa dimanfaatkan oleh penyuluh untuk mengakses berbagai materi penyuluhan yang selanjutnya diolah sebelum dijadikan materi penyuluhan kepada petani. Untuk tahun 2012 BP4K Pinrang telah mandapatkan bantuan 12 unit perangkat Cyber Extension terdiri dari APBN 7 Unit dan APBD Provinsi Sulawesi Selatan 5 Unit yang dilengkapi dengan sarana internet untuk 12 balai penyuluhan kecamatan (BPK). Selain Cyber Extension yang diakses penyuluh dari Kementerian Pertanian di Jakarta juga ada website BP4K Pinrang yang memuat tentang informasi teknologi pertanian, perikanan dan kehutanan. "Selama ini sudah banyak keberhasilan para penyuluh di lapangan tetapi informasi keberhasilan itu tidak diketahui oleh masyarakat luas karena jarang sekali terekspos di media," ungkap Andi Amir Riu, MP.
Dengan adanya website tersebut kata Andi Amir Riu maka keberhasilan dari penyuluh atau petani dapat disebarluaskan sehingga para petani dan penyuluh pertanian lainnya bisa menerapkan teknologi tersebut. Ia juga mengharapkan kepada para staf struktural dan kelompok fungsional yang ada di BP4K untuk memanfaatkan fasilitas jaringan internet yang ada tapi dalam hal yang positif. Ke depan kata Andi Amir Riu teknologi internet akan dimanfaatkan untuk mengirim surat dan laporan kegiatan penyuluhan dari desa ke kabupaten sehingga bisa menghemat tenaga yang selama ini diantar langsung oleh para penyuluh dari pelosok desa ke kabupaten.
Apresiasi Cyber Extension yang berlangsung sehari diikuti 12 orang penyuluh pertanian dari masing-masing BPK dengan pemateri antara lain Suardi, S.Hut tentang tata cara pengoperasian Alat Pengolah Data Cyber Extension dan Abdul Salam Atjo, S.Pi dengan materi teknik penulisan berita untuk majalah, surat kabar, tabloid dan materi untuk cyber extension. Menurut salam atjo, tugas pokok penyuluh pertanian relevan dengan tugas jurnalistik karena mencari bahan informasi teknologi dan keberhasilan petani untuk diolah kemudian disebarluaskan ke petani yang lain. Hanya saja selama ini kata salam atjo, para penyuluh pertanian kurang memahami teknik penulisan sehingga banyak kegiatan lapangan yang seharusnya disebarluaskan melalaui media akhirnya hanya diketahui sendiri. Dikatakan salam atjo banyak manfaat jika penyuluh pertanian menulis di media cetak seperti di tabloid Sinartani selain melaksanakan tugas sebagai penyebar informasi teknologi pertanian juga bisa mendapatkan kredit point untuk membantu kenaikan pangkat dan juga mendapatkan honor tulisan dari penerbit media. Agar tulisan penyuluh bisa dimuat di media cetak maka harus memahi lebih dahulu teknik penulisan dan visi dari media cetak tersebut. Sebab setiap media cetak miliki visi yang beda maka kenali dahulu apa yang diinginkan oleh media baru coba kirim tulisan.(Abdul Salam Atjo)