RSS
Syndicate content

alpukat

Penyiraman Alpukat

Sumber Gambar: www.google.com
Peranan air bagi tanaman memang tidak bisa diabakikan begitu saja. Bahkan, air merupakan salah satu faktor penting bagi kehidupan tanaman. Air berguna untuk melarutkan unsur hara yang diberikan pada media tanam. Akibatnya, unsur hara yang terlarut ini bisa dengan mudah diambil oleh akar sebagai makanannya. Fungsi lainnya air sebagai komponen penting pada hampir seluruh proses fisiologis tanaman, mempertahankan ketegaran tanaman agar tidak mudah layu dan pengontrol suhu pada saat tanaman kepanasan.

Pengendalian Hama dan Penyakit Alpukat

Sumber Gambar: www.google.com
Serangan hama dan penyakit dapat menyebabkan kematian pada tanaman alpukat. Untuk itu perlu diketahui jenis hama dan penyakit pada tanaman alpukat dan bagaimana cara pengendaliannya.

A. Hama
Hama merupakan binatang yang mengganggu dan merugikan tanaman. Jenisnya bermacam-macam. Berikut ini hama yang menyerang pada tanaman alpukat.
1. Ulat kipat

Panen dan Pasca Panen Alpukat

Sumber Gambar: www.google.com
A. Panen
Panen buah alpukat dilakukan hanya pada buah yang sudah tua belum masak. Panen alpukat jangan terlalu awal, tetapi juga jangan terlalu lambat. Bila panen terlalu awal rasa khas alpukat akan berkurang dan kulitnya mudah berkerut dan bila panen terlambat, buah alpukat akan cepat masak dan tidak tahan disimpan lama.

1. Ciri-ciri buah alpukat yang tua
a. Warna kulit tua tetapi belum menjadi coklat/ merah dan tidak mengkilap.
b. Bila buah diketuk akan menimbulkan bunyi yang tidak nyaring.

Pengendalian Hama dan Penyakit Aglaonema

Sumber Gambar: www.google.com
Kebanyakan tanaman daun rentan atau mudah terserang penyakit bila kelembaban lingkungan tinggi atau tanaman dalam kondisi "stress" atau tidak sehat. Lingkungan yang lembab terjadi pada saat musim penghujan, penempatan tanaman aglaonema yang terlalu rapat, atau sirkulasi udara tidak berjalan dengan lancar. Penyakit tersebut dapat disebabkan oleh bakteri, jamur maupun virus.
A. Hama
Hama adalah hewan pengganggu tanaman yang cara fisik masih dapat dilihat. Hama pada aglaonema bermacam-macam dan gejalanya berbeda pula, diantaranya :

Pemasaran Alpukat

Sumber Gambar: www.google.com
Pemasaran merupakan proses sosial yang terstruktur dimana manusia mendapatkan apa yang mereka inginkan (produk) dengan menukarkan nilai (uang) dengan orang lain. Proses ini terencana dalam rangka memperoleh keuntungan dan kerjasama jangka panjang.
Untuk kalangan pengusaha, pemasaran adalah bagaimana memuaskan konsumen dan membangun hubungan jangka panjang. Hubungan tersebut harus memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak.